Pimpin Apel Pagi, Kadis Dukcapil Paparkan Agenda Kabupaten Solok

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Pimpin Apel pagi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Solok Riki Carnova paparkan beberapa agenda daerah Kabupaten Solok.

Dalam apel pagi, Senin, (30/1/2023), di Lapangan Kantor Bupati Solok Riki Carnova memaparkan keberhasilan Pemkab Solok meraih peringkat tertinggi dalam pelayanan publik level Kabupaten di Sumatera Barat.

Read More

“Harapan Bupati tahun ini diharapkan dapat mencapai peringkat 10 besar di tingkat nasional, Pemkab Solok akan berkolaborasi dengan Ombudsman dalam rangka pembinaan terhadap SKPD. Diharapkan dukungan semua OPD” kata Riki Carnova menyampaikan pesan Bupati.

Lebih lanjut Riki mengungkapkan Kabupaten Solok juga menjadi kabupaten terbaik dalam penurunan angka Stunting, sebelumnya berada pada angka 40% dan berhasil ditekan pada angka 24%.

Kemudian, pengembangan Inovasi Aplikasi Marawa di Disdukcapil. Aplikasi ini sebelumnya hanya bisa diakses melalui Smartphone, sekarang ada di setiap Nagari.

“Selaim Arosuka, KTP sudah bisa di cetak di dua wilayah, yaitu Singkarak dan Lembah Gumanti. Pemkab Solok juga sedang menjajaki MoU dengan Pemerintah Kota Solok dan Kabupaten Solok Selatan dalam perekaman dan pencetakan KTP luar domisili” ungkap Riki.

Inovasi selanjutnya yang sedang dibangun adalah Tuntas Perekaman pemilih pemula untuk SMA dalam rangka menghadapi pemilu 2024, kerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Barat.

“Tahun 2023 ini juga akan dilaksanakan Tuntas Akta dan KIA untuk anak Balita, kerjasama Dinas Kesehatan, Dinas DPMN dan seluruh Walinagari di Kabupaten Solok.***

Related posts