Pj Wako Padang Panjang Sonny Hadiri Apel HUT Satpol PP dan Linmas, di Istana Gubernuran Sumbar

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG — Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si hadiri Apel HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) se-Indonesia yang dipusatkan di Istana Gubernuran Sumatera Barat, (3/3/2024).

Apel HUT yang dihadiri Gubernur Sumbar bersama Forkopimda dan kepala daerah serta Kasat Pol PP se-Indonesia itu, dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian di lapangan Gubernuran.

Read More

Dalam amanatnya, Tito Karnavian mengatakan, Satpol PP merupakan ujung tombak dalam menegakkan peraturan daerah.

“Satpol PP memiliki tugas utama dan ujung tombak untuk menegakkan peraturan daerah,” katanya.

Tito menegaskan, keberadaan personel Satpol PP bersama unsur lainnya sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Sekaligus melindungi termasuk menegakkan hukum khususnya yang menyangkut peraturan daerah.

Ia menjelaskan, posisi Satpol PP berbeda dengan personel Polri. Korps Bhayangkara lebih pada pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dan membina masyarakat sekaligus menegakkan hukum positif. Sementara itu, Satpol PP lebih pada penegakan peraturan daerah.

Selain itu, Tito juga mengatakan, Satpol PP pada Pemilu 2024 memiliki peran penting dan besar dalam menyukseskan pesta demokrasi 5 tahunan itu.

Menurutnya, pemilu yang berjalan lancar tidak lepas dari peran pihak keamanan terutama TNI dan Polri, termasuk anggota Satpol PP yang tersebar di seluruh daerah.

“Kita patut bersyukur Pemilu 2024 berjalan relatif aman, baik dan lancar,” ucapnya.

Sementara itu, Pj Wako Sonny setelah mengikuti apel, mengucapkan selamat HUT Satpol PP dan Linmas se-Indonesia.

“Semoga personel Satpol PP dan Linmas terus diberi kekuatan untuk menjadi garda terdepan dalam penegakan lerda di daerah masing-masing,” tutur Sonny.

Dalam rangkaian kegiatan ini, personel Satpol PP Damkar Kota Padang Panjang turut berpartisipasi menampilkan bakat bela diri di hadapan para tamu dan undangan. (Edi Fatra/king).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts