Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda: Saya Birokrat yang Dipercaya Menduduki Jabatan Politisi

Pj Walikota Payakumbuh, Rida Ananda, lakukan kunjungan silaturahmi ke kantor Balai Wartawan Luak Limopuluah, Kamis (13/9). (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, PAYAKUMBUH – Belum sebulan dilantik oleh Gubernur Sumatera Barat, Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh, Rida Ananda, langsung melakukan kunjungan silaturahmi ke kantor para awak media Balai Wartawan (BW) Luak Limopuluah.

Dalam kunjungannya itu, Rida Ananda, sempat melakukan temu ramah dengan puluhan wartawan yang tergabung dalam wadah BW Luak Limopuluah. Ia berkunjung ke kantor BW di Jalan Olahraga kawasan Kantor Bupati Lama didampingi Kadis Kominfo, Junaidi, serta Kabag Protokoler, Nalfira.

Read More

Adapun di markas para awak media Luak Limopuluah, kedatangan Pj Wako Rida disambut hangat Koordinator BW, Arfidel Ilham bersama para pengurus dan anggota lainnya. Pertemuan diawali dengan temu ramah hingga diskusi, terkait rencana dan program kerja yang tengah dilakukan oleh pemko Payakumbuh.

“Saya ini bukan pejabat publik, tapi PNS yang ditugaskan sebagai Pj Wali Kota oleh pemerintah pusat. Jadi, kepentingan saya hanya membangun Kota Payakumbuh. Saya sering disentil, karena rajin blusukan dan turun ke lapangan, karena ingin pencitraan. Tidak, itu cuma karena tanggung jawab tugas semata,” kata Rida Ananda sembari tertawa ringan, kepada wartawan.

Rida juga menyebut, dirinya belum kepikiran untuk mencalonkan diri sebagai calon walikota Payakumbuh pada Pilkada 2024 mendatang, lantaran ia masih berstatus ASN hingga 6 tahun ke depan. Dirinya mengaku ingin tetap fokus, melaksanakan tanggung jawab tugas sebagai Pj Wako, sebagaimana diamanahkan pemerintah pusat.

“Jadi, saya ini adalah birokrat yang dipercaya menduduki jabatan politisi. Saya juga tidak alergi dikritik, kita (Pemko) sangat butuh kritik, tetapi tentu kritikan yang konstruktif dan solutif, supaya kami bisa melakukan perbaikan, dari sisi kekurangan yang ada,” seloroh Rida.

Rida juga menambahkan, dalam menjalankan tugas sebagai Pj Walikota, dirinya sangat membutuhkan banyak masukan terutama dari kalangan wartawan. Karena, selama ini dirinya sudah banyak menduduki jabatan strategis di pemerintahan mulai dari Kepala Bagian, Kepala Dinas, hingga Sekretaris Daerah. Selama menjabat, Rida mengaku tidak pernah putus berkomunikasi dengan wartawan.

“Jadi, peran media ini amat urgen bagi kami. Tanpa media masyarakat tidak akan tahu dengan apa yang telah kami lakukan dalam menjalankan program kerja,” sebut Rida yang juga pernah menjabat Kabag Humas di Pemko Payakumbuh.

Mantan Camat Payakumbuh Barat dan Kadis Parpora Kota Payakumbuh itu juga menyampaikan tupoksi dari seorang Pj Wako yang dikatakannya sama dengan Wali Kota definitif, terutama dalam merotasi dan mutasi ASN yang bertugas di jajaran Pemko Payakumbuh.

Disamping itu, pada kesempatan tersebut Rida Ananda juga mengingatkan ASN yang menyandang status fungsional, mulai dari Kasi, Kabid, hingga kepala OPD, Camat dan Lurah tidak elergi menerima atau dikritik wartawan dalam pemberitaan.

Ketua Balai Wartawan, Arfidel Ilham, mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pj Walikota Payakumbuh serta Dinas Kominfo bersama jajaran yang tetap menjaga hubungan kemitraan dengan wartawan, apalagi selama ini keterbukaan informasi publik di Kota Payakumbuh dinilai sangat baik.

“Terima kasih atas kunjungan silaturahmi Pj Walikota Payakumbuh dan jajaran ke Balai Wartawan, ini tentu suatu kebanggaan dan penghormatan bagi kami wartawan yang tergabung di Balai Wartawan. Kami juga apresiasi keterbukaan informasi Publik yang selama ini di berikan Pemko Payakumbuh dan jajaran/OPD,” kata Arfidel.

Jurnalis Harian Pagi Padang Ekspres itu juga mengingatkan wartawan yang tergabung di Balai Wartawan Luak Limopuluah, agar selalu menjaga sinergitas dengan mitra kerja, sehingga komunikasi tetap terbangun, hingga menjaga etika dalam menjalankan tugas. (akg)

Related posts