PMI Sumbar Berikan Layanan Kesehatan Pemeriksaan Gigi dan Mata Gratis di Sijunjung

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG – PMI Provinsi Sumatera Barat Buka Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gigi dan Mata secara Gratis untuk masyarakat pada Peringatan Hari Jadi yang pertama Nagari Padang Laweh, Kecamata Koto VII, Kabupaten Sijunjung Sabtu (3/12).

Dalam pelayananan PMI Sumbar menggandeng Dokter Mata dan Dokter Gigi dari Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Sumatera Barat. Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Sumbar, drg. Afando Ekardo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI Sumbar tahun 2022 yang berkolaborasi dengan program Gerakan Masyarakat (Germas) Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.

Read More

“Kita akan selalu mendukung kegiatan kemanusiaan yang dilakukan di daerah Sumatera Barat ini, sesuai dengan amanat UU No. 1 tahun 2018. Baik itu pemerintah maupun masyarakat umum yang menyelenggarakannya. PMI siap Bantu” tegas Edo, yang juga merupakan Kepala BKIM Sumbar.

Sebanyak 158 orang warga Padang Laweh yang terdiri dari anak-anak, remaja, orang dewasa sertan lansia mengikuti pemeriksaan kesehatan hari ini. Dengan rincian 85 pasien pemeriksaan mata dan 73 pasien pemeriksaan gigi, Jelasnya.

Disamping memeriksa kesehatan, lanjut Edo, Pihak PMI Sumbar juga mendistribusikan 150 paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Isinya ada Hand sanitizer, masker, tissue, sabun cuci tangan, alkohol swab. Kita juga membagikan leaflet tentang perilaku hidup bersih dan sehat agar masyarakat dapat mengikutinya dalam kehidupan sehari-hari”, terangnya.

Usai mengunjungi stand pelayanan kesehatan PMI Sumbar, Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, mengucapkan terimakasih kepada PMI Sumbar yang telah mensupport Gerakan Masyarakat (Germas) dan membantu masyarakat Kabupaten Sijunjung.

Disampaikan Benny, Kabupaten Sijunjung mempunyai pendonor yang cukup banyak dan PMI Kabupaten Sijunjung juga aktif memberikan layanan kemanusiaan.

“Tentunya ini semua tak luput dari dukungan PMI Provinsi Sumatera Barat”, Kata Benny.

Ia berharap kedepannya PMI semakin bersinergi dengan Pemerintah tidak hanya di layanan kesehatan saja, namun juga pada aksi sosial lainnya.

Sebagai penerima manfaat, Saiful Bahri (54) merasa senang dengan kehadiran PMI di daerahnya. Pasalnya, layanan pemeriksaan kesehatan gigi dan mata ini merupakan kali pertama dilaksanakan di daerah Padang Laweh.

“Baru kali ini ada pemeriksaan mata dan gigi gratis di daerah kami. Terimakasih banyak PMI”, ucap Saiful, saat diwawancara usai melakukan pemeriksaan mata. (Tirman/Humas PMI Sumbar)

Related posts