Pokdarwis Apar Masuk Nominasi Lomba Apresiasi Pokdarwis Tingkat Sumbar 2021

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, PARIAMAN–Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Apar dibawah bimbingan Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman berhasil masuk nominasi pada lomba apresiasi  Pokdarwis  tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021.

Hal tersebut dibenarkan oleh kepala Disparbud Kota Pariaman Dwi Marhen Yono, diruang kerjanya usai mengadakan rapat persiapan lomba, Rabu (18/8).

Read More

“Pada tahap verifikasi lomba apresiasi  Pokdarwis  tingkat Provinsi Sumatera Barat, kita telah mengikutsertakan 3 (tiga) Pokdarwis dari kota Pariaman, antara lain Pokdarwis Apar, Pokdarwis Tungkal Selatan dan Pokdarwis Sungai Rotan. Namun yang berhasil masuk 5 (lima) besar dan mewakili Kota Pariaman pada lomba apresiasi  pokdarwis  tingkat Provinsi Sumatera barat Tahun 2021 adalah Pokdarwis Apar dan akan dilakukan visitasi oleh tim penilai pada tanggal 26 s.d 28 Agustus 2021, “ ungkapnya.

Berdasar pemberitahuan dari Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat melalui surat nomor 556/733/Dispar-Dest/VIII-2021 ditetapkan 5 (lima) nominasi lomba apresiasi Pokdarwis tahun 2021. Selanjutnya akan dilakukan Visitasi Pokdarwis Apar 2021 oleh tim penilai.

“Setelah mendapat kabar bahwa Pokdarwis Apar masuk nominasi, kita langsung adakan rapat bersama stakeholder terkait untuk melakukan persiapan agar saat Visitasi Pokdarwis Apar 2021 bisa berjalan lancar dan berhasil membawa Pokdarwis Apar menjadi yang terbaik, “ tambahnya.

Adapun indikator penilaian pokdarwis antara lain, eksistensi  kelembagaan pokdarwis, pengaruh pokdarwis terhadap ekonomi dan lingkungan, inisiatif dan kreativitas dalam mengaplikasikan nilai-nilai sapta pesona, penerapan CHSE (cleanliness/kebersihan, health/kesehatan, safety/keamanan, dan environment/Ramah lingkungan) dan kerjasama dengan stakeholder atau keterlibatan mitra kerja.

“Masuknya Pokdarwis Apar menjadi salah satu nominasi pada lomba apresiasi  pokdarwis  tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 merupakan hadiah dari kerja keras selama ini. Dimana pokdarwis ini sejak Tahun 2019 telah mengantongi Surat Keputusan Kepala Disparbud, aktivitas Pokdarwis Apar selalu aktif, tiket masuk tempat wisata juga telah ada dan dampak ekonomi terhadap masyarakat telah nampak, “ terangnya.

Related posts