Pokja PKP Kota Padang Panjang Gelar Lokakarya Program Kotaku 2021

  • Whatsapp
Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tingkat Kota Tahun 2021 secara daring.

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Padang Panjang melalui Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman (Pokja PKP) menggelar Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Tingkat Kota Tahun 2021 secara daring, Selasa (5/9/2021).

Program Kotaku merupakan wadah yang disediakan Pemerintah Pusat untuk menangani permasalahan kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat untuk mencegah timbulnya kawasan kumuh baru dan meningkatkan kualitas lingkungan kawasan kumuh yang sudah ada.

Read More

Lokakarya bertemakan “Sinergitas Pemerintah Daerah, Masyarakat dan Swasta dalam Peningkatan Kualitas Permukiman” yang berlangsung selama dua hari 5-6 Oktober ini, memiliki tujuan meningkatkan pemahaman, koordinasi dan komunikasi pelaku dalam pelaksanaan Program Kotaku. Baik dalam target penanganan kumuh, revitalisasi Pokja PKP, pembentukan Forum PKP serta kebijakan atau strategi pemerintah daerah dalam penanganan di bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP).

Mewakili Sekdako Kepala Bappeda, Rusdianto, S.IP, MM saat membuka acara mengatakan, lokakarya ini merupakan media dan ajang untuk membahas bersama strategi penanganan permukiman dan perumahan di Kota Padang Panjang. Keterlibatan seluruh sektor dan aktor adalah hal penting yang harus diwujudkan.

“Kita menekankan adanya sinergi dan kolaborasi  antara Pokja PKP, Program Kotaku, OPD, stakeholder lainnya serta masyarakat. Diharapkan seluruh peserta berperan aktif dalam lokakarya ini sehingga bisa memberikan kontribusi, usul dan saran untuk arah keberlanjutan program ke depan khususnya dalam penanganan kumuh di Kota Padang Panjang, ujarnya.

Diskusi lokakarya dilaksanakan secara panel dengan moderator Koordinator Kota Program Kotaku, Yuni Martini, MT. Tiga narasumber yang mengisi acara, di antaranya Yolly D Asrar dari Dinas Perkimtan Provinsi Sumbar, Bajang Ahmadi (Team Leader KMW OC-2 Provinsi Sumatera Barat) yang mewakili PPK PKP Sumbar, dan Erny Hafni, MT, M.Sc , yang mewakili Pokja PKP Kota Padang Panjang.

Kegiatan ini diikuti KMW OC 2 Sumbar, Perkimtan Provinsi Sumbar,  Biro Kerja Sama Pembangunan Setdaprov Sumbar, Pokja PKP Kota Padang Panjang, perwakilan OPD, camat, lurah, Forum BKM, Forum Kota Sehat , LPM, perbankan, perguruan tinggi serta Tim Korkot Kota Padang Panjang. (Edi Fatra/tia)

Related posts