Politisi Senayan Rezka Oktoberia Ajak Tokoh dan Masyarakat Adat Sinergi Bangun Daerah

  • Whatsapp
Anggota DPR RI, Rezka Oktoberia, menghadiri pelantikan pengurus LKAAM se-Kecamatan Guguak, Sabtu (16/10). (Foto: Aking Romi Yunanda/MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Anggota DPR-RI Dapil II Sumatera Barat, Rezka Oktoberia, mengajak para tokoh adat, pemerintah daerah, serta seluruh elemen masyarakat adat khususnya di Luak Limopuluah dapat terus bersinergi dalam mengupayakan percepatan pembangunan daerah.

Rezka juga meminta masyarakat tidak sungkan menyampaikan segala masukan, kritikan serta aspirasi kepada dirinya, untuk dapat diperjuangkan secara politik bersama-sama. Terutama aspirasi untuk melestarikan nilai-nilai adat, supaya terus hidup di tengah masyarakat.

Read More

“Historis kita selaku orang Minangkabau bahwa lembaga adat, itu, sejak dulu merupakan forum tertinggi, wadah tempat musyawarah, mencari solusi setiap persoalan,” kata Rezka ketika menghadiri pelantikan pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) se-Kecamatan Guguak, Limapuluh Kota, Sabtu (16/10).

Srikandi Luak Limopuluah itu juga menjelaskan, sebagai salah satu lembaga yang mewakili kepentingan masyarakat adat Sumatera Barat, LKAAM sejatinya juga menjadi tempat menyalurkan aspirasi komunitas masyarakat adat dalam melestarikan nilai-nilai adat dalam masyarakat.

“Tujuannya sangat mulia sekali, untuk melestarikan nilai-nilai luhur adat alam Minangkabau serta mengembangkan falsafah adat Minangkabau, yakni Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK),” kata Rezka Oktoberia.

Politisi Partai Demokrat itu juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh niniak mamak (tokoh adat), bundo kanduang, dan seluruh elemen masyarakat yang selama ini tetap konsisten serta berpegang teguh dalam menjaga dan memelihara adat istiadat Minangkabau.

Rezka mengaku apresiasi atas kerjasama selama ini yang telah menyampaikan berbagai aspirasi untuk kerja-kerja politiknya di DPR RI. Dia juga meminta jajaran LKAAM Kabupaten maupun di kecamatan dapat menjadikan lembaga adat sebagai “rumah bersama” tempat musyawarah dalam upaya bersama demi pembangunan daerah.

Pada kesempatan itu, Rezka mengucapkan selamat kepada pengurus LKAAM yang baru dilantik dan mengajak agar menjalankan tugas sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Sehingga peranan tokoh adat semakin dirasakan keberadaannya bagi anak kemenakan.

“Sinergi dan kolaborasi antara LKAAM dengan perwakilan bapak ibu yang ada dipusat ataupun yang ada di Kabupaten Limapuluh Kota itu sangat kami butuhkan, khususnya untuk Rezka sendiri,” jelasnya.

Sementara itu Ketua LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota Zulhikmi, Dt Rajo suaro mengatakan juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Pengurus LKAAM Kecamatan Guguak yang ditandai dengan pengambilan sumpah dan “pati ambalau”.

Pihaknya berharap agar program-program yang pro kepada masyarakat adat dapat terlaksana sesuai dengan visi dan misi kepala daerah saat ini yang telah dituangkan dalam RPJMD.

“Masalah adat dan budaya dapat direalisasikan, bukan hanya tertuang dalam program kerja saja,” katanya.

Kepada niniak mamak/tokoh adat dan dan bundo kanduang agar falsafah ABS-SBK itu terlaksana dalam kehidupan sehari seluruh elemen masyarakat, bukan hanya untuk pemangku adat semata. Salah satu tugas dan kewajiban kedepannya adalah membimbing dan membina anak kemenakan, terutama generasi muda.

Adapun, Asisten I Setdakab Limapuluh Kota, Deddy Permana, yang hadir mewakili Bupati berharap agar seluruh elemen masyarakat adat bisa berpartisipasi dan komitmen bersama membangun daerah. Tidak hanya pembangunan fisik, tetapi juga mental, spiritual serta sumber daya manusia.

“Sesuai kondisi saat ini, peran niniak mamak dan bundo kanduang sangat ditunggu oleh generasi muda sehingga mereka mengetahui dan menjalankan adat serta budaya,” sebutnya.

Pelantikan pengurus LKAAM tersebut dilangsungkan di Kantor Camat Guguak dan juga dihadiri Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten I Deddy Permana dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari Ahmad Zuhdi Prama Putra.

Kemudian para pengurus LKAAM Kabupaten Limapuluh Kota, para niniak mamak, dan bundo kanduang se-Kecamatan Guguak. Selain itu, juga tampak hadir Politisi Partai Gerindra Limapuluh Kota, Afdal serta anggota DPRD fraksi PKB, H Emmi Setiawan. (akg)

Related posts