Program Saga-Saja, 60 Mahasiswa Pariaman Dibekali Biaya Pendidikan

  • Whatsapp
Walikota Pariaman, Genius Umar, serahkan bantuan pendidikan kepada mahasiswa, Senin (14/6). (Foto: Humas)

MINANGKABAUNEWS.COM, PARIAMAN – Sedikitnya 60 orang mahasiswa asal Kota Pariaman, Sumatera Barat dipastikan sudah menerima beasiswa dari pemerintah kota setempat. Bantuan biaya pendidikan tersebut diserahkan langsung oleh walikota, Genius Umar.

Menurut Genius, pemberian bantuan beasiswa untuk biaya pendidikan tersebut merupakan program pemko Pariaman dalam rangka peningkatan indek pembangunan manusia (IPM). Pihaknya sengaja membuat sebuah inovasi program bernama Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga-Saja), bagi mahasiswa tahun angkatan 2018 dan 2019.

Read More

“Program ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan anak – anak Kota Pariaman. Termasuk memutus lingkaran kemiskinan, sehingga setelah tamat nanti, mampu membantu perekonomian keluarga,” sebut Genius kepada awak media, usai menyerahkan bantuan Saga-Saja, Senin (14/6).

Ia menyebutkan, Saga-Saja merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota Pariaman dibawah kepemimpinan Genius Umar dan Mardison Mahyuddin. Program Sagasaja salah satu cara untuk memberikan kesempatan pada putra putri terbaik Kota Pariaman.

Sasarannya supaya para peserta didik mengenyam pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi khususnya bagi keluarga yang kurang mampu. Program Sagasaja telah dilaksanakan oleh Pemko Pariaman sejak Tahun 2018.

“Jadi, anak-anak ini menerima uang saku dan biaya pendidikan. Uang saku diterima masing – masing anak Rp3 juta/semester dan uang semester tergantung dari kampus masing-masing,” sebutnya.

Sementara, untuk biaya pendidikan persemester untuk TA 2018 Rp 26 juta dan uang saku Rp30 juta. Adapun untuk TA 2019 biaya pendidikan Rp 78.880.000 dan uang saku Rp99 juta.

Selain itu, Pihaknya juga memberikan bonus kepada mahasiswa dan mahasiswi yang berhasil mendapatkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 3,75 sebesar Rp1 juta.

Menurtnya, semuanya Ini akan membuat mereka lebih bersemangat untuk mendapatkan nilai yang lebih baik dengan belajar bersungguh-sungguh.

Seperti diketahui sebelumnya, Program Saga-Saja untuk semester 1, 2 dan 3, semua biaya ditanggung oleh Badan Amil Dzakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman.

“Pada semester 4, 5 dan 6 biaya akan ditanggung oleh APBD Kota Pariaman. Begitu juga untuk program Diploma 4 (D4) akan ditanggung biaya oleh APBD pada semester 4 sampai 8,” papar Genius.

Ia berharap para penerima bantuan biaya pendidikan dalam program Saga-Saja bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dengan pendidikan yang mereka tempuh, nantinya akan mengangkat derajat keluarganya dari yang kurang mampu menjadi sejahtera. []

Related posts