Provinsi Sumatera Barat Sabet Penghargaan Bergengsi Top 3 IMTI Award 2023

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.com, JAKARTA — Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menerima Penghargaan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) Award 2023, yang diserahkan langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Salahudin Uno di Ruang Merak 2&3 Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (25/10/2023).

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Gubernur Sumbar yang diwakili Kadis Pariwisata Luhur Budiansa dalam acara Internasional Halal Tourism Summit (IHTS) 2023 yang merupakan bagian dari rangkaian acara The Indonesia Sharia Ekonomic Festival (ISEF) 2023.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar Luhur Budianda menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas capaian ini, dalam rangka pengembangan pariwisata halal yang berkelanjutan di Sumatera Barat.

“Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) merupakan sebuah penilaian bagaimana perkembangan pariwisata halal dan aplikasi pariwisata halal di destinasi wisata. Kita dinilai berhasil dalam hal itu,” ujarnya.

Ia menyebut berdasarkan penilaian panitia, Sumbar memiliki sejumlah kelebihan dalam pengembangan pariwisata halal di antaranya regulasi perda no 1 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pariwisata halal. Komitmen yang kuat dari gubenur dan wakil gubenur yang dijabarkan oleh salah stake holder yaitu dinas pariwisata selain OPD dan stake holder lainnya.

Kemudian Pergerakan luar biasa dari pentahelix parwisata halal Sumatera barat baik dari perguruan tinggi, Pemda kabupaten kota, BI, KDEKS, PPHI sumetera barat, pengurus mesjid, pusat perbelanjaan/mal/, rumah makan dan restoran, masyarakat dan media Sumatera barat saling dukung untuk pariwisata ramah muslim
Selanjutnya Adanya media digitalisasi yang terangkum dalam e-book visit beautiful west Sumatera barat 2023 mengenai parwisata ramah muslim. Tahun ini ada dokumen pendukung selama bentuk road map parwisata halal Sumatera barat

Dan terakhir, Berbagai ivent pariwista ramah muslim baik diadakan oleh Pem provinsi dan Pem Kab/kota yang dirangkum dalam ivent visit beuatiful west Sumatera barat tahun 2023.

Penilaian IMTI diikuti oleh 15 provinsi yang sudah diakui oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bersama PPHI sebagai provinsi ramah Muslim dari 38 provinsi di Indonesia.

Dari penilaian panitia Nusa Tenggara Barat berhasil mendapatkan peringkat pertama diikuti Aceh, Sumbar, DKI Jakarta, dan Jawa Tengah.

Prestasi yang diterima Sumbar itu meningkat dari penilaian tahun 2020 yang menempatkan Sumbar pada posisi lima secara nasional.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dan diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, Rabu.

ISEF 2023 diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Crescent Rating, Bank Indonesia (BI), Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Pusat Perkumpulan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI).


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts