Puluhan Siswa STLP Bukittinggi Belajar Bersama di Museum Goedang Ransoem Sawahlunto

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS, BUKITTINGGI – Keberangkatan rombongan Pembelajar tingkat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) ini terkait dengan kegiatan Belajar bersama d Museum yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi melalui bidang Kebudayaan. Hal ini disampaikan Kasi Permuseuman, Beta Ayu Listyorini kepada Minangkabaunewscom, Sabtu (16/10/2021).

Belajar bersama di Museum ini rutin dilaksanakan semenjak tahun 2019 dengan target berbeda setiap tahun. Pada tahun 2021 Peserta yang di targetkan adalah peserta SLTP Negeri /Swasta dan MTs N se Kota Bukittinggi di Wakili beberapa dan pendampingnya untuk diajak museum tour ke museum Goedang Ransoem Sawahlunto.

Read More

Kegiatan ini bertujuan untuk lebih mengenal museum yang ada di Sumatra Barat pada umumnya. Banyak Museum yang ada di Sumatra Barat mungkin orang belum tahu, sebenarnya apa itu Museum?, seperti apa isi Museum? dan apa manfaat Museum?.

“Kita bawa peserta belajar bersama di Museum ke Museum gudang Ransum dan Museum lubang tambang Mbah Soero di Sawahlunto,” terangnya.

Pihaknya berharap mereka lebih memahami fungsi Museum sebagai tempat untuk belajar di luar kelas, dan juga sebagai tempat rekreasi.

Kabid. Kebudayaan, Mul Akhiar, Dt. Sinaro menambahkan, Museum intinya adalah melihat perjalanan sejarah kehidupan manusia khususnya di lokasi kejadian masa lalu, dengan belajar di museum kita akan mengenal apa saja peristiwa masa lalu yang telah terjadi, baik dari segi ekonomi, sosial, budaya dan kehidupan manusia dalam memperjuangkan hidupnya.

“Dari Museum di Sawah Lunto ini kita bisa melihat bagaimana bumi dieksploitasi oleh para pihak demi kepentingan pribadi, golongan atau bangsa, dengan tidak memperhatikan kondisi yang seharusnya dijaga dan dipelihara,” jelasnya.

“Dari museum juga kita bisa melihat kemajuan teknologi yang berkembang, sejak dari awal perjalanan bangsa, sampai perkembangan kemerdekaan yang diikuti oleh teknologi yang lebih modern dan tepat guna,” tutup Mul Akhiar.

Related posts