Puskesmas Kebun Sikolos Gelar Pelatihan Totok Punggung

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM,PADANG PANJANG,- 26 peserta yang berasal dari pegawai Puskesmas se-Kota Padang Panjang dan masyarakat umum, ikuti Pelatihan Totok Punggung yang digelar UPTD Puskesmas Kebun Sikolos di aula puskesmas itu, Sabtu (24/9/2022).

Ketua Pelaksana Kegiatan, Yossi Anita Syarif, STr. Keb kepada MinangkabauNews.com mengatakan, terapi totok punggung (topung) merupakan salah satu jenis upaya merawat kesehatan ala nabi atau tibbun nabawi, tanpa menggunakan obat.

Read More

“Terapi cukup dengan sentuhan jari di punggung, dapat diketahui kondisi peta organ-organ tubuh bagian mana yang sedang menghadapi gangguan dan perlu diterapi,” ujarnya.

Lebih lanjut, Yossi mengungkapkan Training for Trainer ilmu topung ini sangat bermanfaat karena juga dapat mendeteksi dan mengobati penyakit. 

“Topung juga dapat mengontrol kondisi kesehatan seluruh tubuh melalui sentuhan atau pijatan pada bagian-bagian tubuh yang berada di bagian punggung,” lanjutnya.

Ditambahkan Yossi, kegiatan pelatihan ini menghadirkan trainer, dr. Ola Prianti yang merupakan trainer nasional dan memiliki sertifikat topung. Ia juga merupakan trainer resmi terapi topung Indonesia.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama dua kali pertemuan, hari ini dan 1 Oktober nanti. Semoga ilmu yang diberikan oleh trainer dapat bermanfaat untuk para peserta yang mengikuti pelatihan ini,” terangnya. (Edi Fatra/ki).

Related posts