Puskesmas Nilam Sari Buka Pelayanan Vaksinasi Setiap Minggu Terbuka untuk Umum

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Dalam seminggu ini Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Nilam Sari ada kegiatan- kegiatan rutin dan kegiatan tambahan yang ditugaskan dari DKK. Dimana setiap Selasa dan Kamis adalah jadwal rutin mingguan puskesmas untuk vaksinasi bagi masyarakat umum. Hal ini disampaikan drg. Aletta melalui pesan WhatsApp kepada Minangkabaunewscom, Kamis (16/9/2021).

“Jadwal swap PCR rutin kita adakan setiap Senin dan Kamis setiap minggunya.Senin 12 September 2021 cuma tiga orang yang swap .Dan hari Kamis ini ada 13 orang yang berkunjung untuk Swap PCR. Sementara ada tugas tambahan swap rapid antigen untuk PPPK calon guru ASN yang akan ujian,” ujarnya.

Read More

Drg. Aletta lebih lanjut mengatakan lokasi swap di SMUN 2 Bukittinggi dan SMKN 1 Bukittinggi mulai 12 September 2021 sampai 14 September 2021 kemarin. UPTD. Puskesmas Nilamsari dengan empat petugas di lokasi SMKN 1 Bukittinggi melakukan swap sebanyak 49 calon guru ASN.

“Untuk kegiatan vaksinasi Covid 19 di hari Selasa 13 September 2021 ada 34 orang yang divaksin di puskesmas dengan jumlah vaksin sinovac (Corona vac) sebanyak 17 vial double dose, lanjutnya kemarin, hari Rabu 15 September 2021dengan beberapa tim yang baru, anggotanya di vaksin sejumlah 128 orang, sebanyak 64 vial Double dose vaksin sinovac (Corona vac),” jelasnya.

Ia menambahkan kegiatan rutin di hari ini, Kamis 16 September 2021, yang divaksin ada 38 orang publik dengan vaksin sebanyak 19 vial double dose. Ini hasil vaksinasi dari UPTD. Puskesmas Tigo baleh, UPTD. Puskesms Mandiangin ( 2 September 2021) dan UPTD .Puskesmas Nilam sari (3 September 2021) sebanyak 293 orang yang divaksin dengan jenis vaksin sinovac (Corona vac ) sebanyak 29 vial multi dose.

“Terakhir 413 yang belum divaksin ,setelah vaksinasi 128 siswa kemaren ,sisa yang belum divaksin ada 285 orang siswa. Artinya 25.4 persen lagi sasaran yang belum divaksin.Tapi nanti diklasifikasikan siswa yang harus divaksin dan siswa yang tidak boleh karena ada penyakit komorboid,” imbuh Kepala Puskesmas Nilam Sari ini.

Koordinasi yang baik dengan pihak sekolah SMUN 5 sangat membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan yang mana dari target dinas Kesehatan Kota untuk siswa target 70 persen sudah terbentuk herd immunity (Kekebalan Kelompok) sudah tercapai untuk siswa di SMUN 5 Bukittinggi.

“Sisanya utk melengkapi target untuk herd immunity yang lengkap bagi siswa yang sehat untuk dilakukan vaksinasi Covid-19,” sambung Aletta.

Semoga kegiatan vaksinasi lanjutan ditahap berikutnya dapat sesuai dengan target yang diharapkan sesuai upaya dan daya kami tim UPTD.Puskesmas Nilam sari untuk vaksinasi usia 12-17 tahun sesuai jadwal sekolah yang telah ditentukan.

“Nanti akan ada jadwal lanjutan utk kegiatan kita bulan Oktober mendatang.Tapi bulan September ini dijadwal dua Sekolah yakni, SMPN 8 dan SMUN 5 .Disebabkan prediksi yang akan divaksin tidak bisa ditargetkan bisa dilakukan satu hari untuk vaksinasi sehingga tuntas. Karena SMP 8 baru 43 siswa dan guru yang divaksin dari 413 siswa,” tutup drg.Aletta mengakhiri.

Related posts