PWM Sumbar Apresiasi Penetapan Tiga Orang Profesor Kader Muhammadiyah

Syukuran 3 Profesor Baru Prof Salma, M.Ag, Prof Dr. Taufiqurrahman, M.Ag, M.Hum dan Prof Salman M. Noer di Aula PWM Sumbar, Rabu, (5/12).

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Majelis Pendidikan Kader PWM Sumbar bekerjasama dengan Forum Akademisi Keluarga Besar Muhammadiyah menggelar Syukuran 3 Profesor Baru Prof Salma, M.Ag, Prof Dr. Taufiqurrahman, M.Ag, M.Hum dan Prof Salman M. Noer di Aula PWM Sumbar, Rabu, (5/12/2022). Hadir Wakil Ketua PWM Sumbar Prof Edi Syafri, Wakil Ketua PWM Sumbar Dr. Firdaus An, Sekretaris PWM Sumbar Drs Nurman Agus, dan Ketua MPK Dr. Murisal, Sakretaris MPK Nasrul A. dan Ketua PW Aisyiyah Sumbar Dra Meiliarni Rusli.

Dalam keterangannya, Ketua PWM Sumbar Dr. Shofwan Karim Elhussein mengatakan Setelah agak lama ‘berpuasa” Muhammadiyah Sumbar, kini sudah berbuka. Tiga orang Profesor baru sudah resmi menyandang gelar Guru Besar atau Profesor. Ketiga mereka adalah Prof. Dr. Salma, M.Ag., Profesor Dr. Taufiqurrahman, M.Ag., M. Hum dan Prof. Dr. Salman M Noer, MPd. Forum Akademisi KB Muhammadiyah Sumbar mengadakan syukuran pada Rabu, 5 Januari 2022.

Read More

Kayanya, dua nama pertama tadi, barusan menerima SK Menteri Agama terhitung  1 Desember 2021. Salma Guru Besar Hukum Islam UIN Imam Bonjol juga Anggota Majelis Tarjih dan Tajdid, PWM Sumbar serta angota Pusdakum PWM Sumbar. Guru Besar IV/d ini amat aktif dunia akademik dan ilmiah dan menjadi anggota Senat UIN Imam Bonjol 2017-2021.

Aktifitas Prof. Salma dalam persyarikatan adalah Anggota Majelis Tarjih PWM Sumbar dan juga Wakil Ketua Pusbakum Majlis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah (PW) Aisyiyah Sumbar.

Seangkatan dengan Salma menjadi Guru Besar adalah Prof. Taufiqurrahman. Beliau Guru Besar Pemikiran Islam di UIN Imam Bonjol Padang. Taufiq adalah aktifis IMM semasa kuliah. Akademisi yang sebelum ini adalah Wakil Dekan I di FU  ini, sekarang   menjabat sebagai Wakil Fekan II Fak Adab Humaniora UIN IB Padang.

Sedangkan yang ketiga, Salman M Noer, sudah beberapa bulan lalu diangkat oleh Menteri Dikbuddiktiristek sebagai Guru Besar Ilmu Pendidikan pada Prodi Pendidikan Ekonomi di Universitas Eka Sakti Padang.

Salman sekarang sejalan dengan tugas sebagai Guru Besar adalah Ketua Majelis Pustaka dan Informasi PWM Sumbar. Guru Besar kelahiran 1959 ini sangat aktif di Muhammadiyah sejak 1974 sampai hari ini. Mulai dari Wakil Sekretaris IPM Ranting Parak Kajai Kota Bukittinggi, IMM Buktinggi, PD Pemuda Muhammadiyah Agam-Bukittinggi, Sekretaris kemudian Wakil Ketua Majelis Dikdasmen PWM, Bendahara, kemudian Wakil Ketua PWM 2010-2015.

Sementara itu, Ketua Forum Keluarga Besada Muhmmadiyah UIN IB, Prof Edi Syafri mengatakan saya harap kader lainnya diberikan motivasi untuk mendapatkan guru besar. Dia mengharapkan dengan syukuran dapat memacu semangat kader lainnya menjadi profesor.
“Dan juga saya harap gedung ini bisa dipergunakan bagi pelatihan pata dosen Muhammadiyah,” tuturnya.

Ketua PW Aisyiyah Sumbar, Bunda Meiliarni Rusli mengatakan ini awal yang biak kalau sudah muncul bulan sabit yakinlah muncul bulan Purnama, memang dierlukan pemgakuan. Kita terbuka bagi seluruh PWM. “Selamat kepada tiga profesor menjadi kebanggaan Muhammadiyah,” imbuhnya.

Ketua PWM diwakili Ketua MPK Murisal megatakan kita menyiapkan kader untuk kompetitif secara ilmiah. Kita harap tiga profesor ini terus melakukan pembinaan continue bagi para dosen, bagi teman-teman dari NU dan tarbiyah silahkan saja. “Gedung dakwah menjadi rumah besar silahkan dimanfaatkan untuk pelatihan para dosen,” tutupnya.

Sekretaris PWM Sumbar, Drs. Nurman Agus mengucapkan ucapan selamat atas pengukuhan gelar tiga Profesor.

“PWM Sumbar, Mengucapkan selamat dan sukses kepada Profesor Doktor Salma, Prof Dr Taufigurrahman dan Prof Dr Salman atas Pengukuhan gelar Guru Besar yang diterima beliau,” ujarnya

Related posts