Rahasia Tingginya Capaian Vaksinasi Covid-19 di Kota Padang Panjang

KKN Unand
Mahasiswa KKN Unand bantu pemerintah maksimalkan capaian vaksinasi di Silaing Bawah Padang Panjang.

Oleh: Siti Sarah dan Ferdinal

Sejak Covid-19 masuk ke Indonesia, khususnya ke Kota Padang Panjang, sudah banyak hal yang dilakukan pemerintah daerah agar Covid-19 tersebut bisa segera berakhir. Banyak cara yang dilakukan, dan salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi di Kota Padang Panjang.

Demi membantu mengurangi masalah Covid-19 di Kota Padang Panjang, mahasiswa KKN Unand juga ikut serta dalam menyukseskan hal tersebut. Dalam hal ini, mahasiswa KKN Unand membantu pelaksanaan vaksin di Kota Padang Panjang, tepatnya di Kelurahan Silaing Bawah. Vaksinasi sudah dilakukan sebanyak tiga kali di dua tempat yang berbeda, yaitu di Mesjid Nurul Huda Silaing Bawah, dan di Kantor Lurah Silaing Bawah. Tercatat pemberian vaksin tersebut sudah diikuti oleh 750 orang.

Read More

“Kesadaran masyarakat terkait vaksinasi cukup tinggi. Bahkan ada yang rela antri dari jam 7 pagi hanya untuk mengikuti kegiatan vaksinasi ini.” ujar Ibu Yanti (40 tahun), kepala Puskesmas Bukit Surungan.

Vaksinasi di Kota Padang Panjang tersedia untuk dosis pertama dan dosis kedua. Jadi masyarakat bisa melakukan vaksinasi tahap 1 dan tahap 2 di puskesmas yang sama ataupun puskesmas yang berbeda.

“Masyarakat sangat antusias mengikuti vaksin, bahkan ada yang datang dari luar daerah untuk mengikuti vaksinasi di Kota Padang Panjang, mereka juga membawa sanak saudara untuk mengikuti kegiatan vaksin ini,” ujar Bapak Iswarman (55 tahun).

Bahkan sampai saat ini, Kota Padang Panjang menduduki peringkat teratas dalam vaksinasi di Provinsi Sumatera Barat dan untuk Nasional menduduki peringkat ke-6.

Dengan tingginya angka vaksinasi di Kota Padang Panjang, harapannya tidak akan menghilangkan kebiasaan 5M (Menjaga jarak, Mencuci tangan, Memakai masker, Menjauhi kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas). Jadi masyarakat tetap harus menjaga 5M tersebut agar wabah Covid-19 ini juga segera hilang dari Indonesia.

“Menurut saya, pelaksanaan vaksinasi ini partisipasi masyarakat sangat baik. Dan mahasiswa KKN pun sangat proaktif dalam mengatur alur vaksinasi di Kelurahan Silaing Bawah. Sehingga vaksinasi bisa berjalan tertib” ujar Melia Oktora, salah satu mahasiswa KKN Unand Silaing Bawah.

/* Penulis adalah Mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Andalas

Related posts