Rakernas APEKSI XV di Padang Resmi Dihelat, Wali Kota Hendri Septa: Kita akan Beri Pelayanan Terbaik

Pembukaan Rakernas APEKSI XV di Hotel Truntum, Senin, (8/8/2022)

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Hari pertama Rekernas Apeksi XV, Wali Kota Padang, Hendri Septa didaulat menjadi pimpinan sidang sementara yang kemudian menetapkan pimpinan sidang definitif yang diketuai Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore.

Pertemuan tahunan Wali Kota se-Indonesia yang dibuka secara resmi oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan pada Senin (8/8/2022) itu dirangkai dengan event Indonesia City Expo 2022.

Sidang pleno 1 Rakernas Apeksi XV di Padang (Foto: Dok. Istimewa)

Sidang Rakernas yang berlangsung di Ballroom Hotel Truntum itu, selain membahas program kerja APEKSI tahun 2022, juga menggeluarkan beberapa rekomendasi strategis kepada pemerintah pusat.

Mendagri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan memberikan apresiasinya kepada pemerintah kota se-Indonesia khususnya kepada para Wali Kota yang telah memfasilitasi terlaksananya proses pemilu serentak hingga berjalan secara demokratis, aman, tertib, dengan tingkat partisipasi pemilih yang sangat tinggi.

Sidang pleno 1 Rakernas Apeksi XV di Padang (Foto: Dok. Istimewa)

Dia memesankan akan pentingnya peran pemerintah kota saat ini untuk meningkatkan kinerja perdagangan di samping sektor penting lainnya.

Mulai dari melakukan stabilisasi harga bahan pokok, kolaborasi pengawasan hingga optimalisasi transformasi digital dan peningkatan ekspor daerah.

“Kita harapkan melalui Rakernas APEKSI XV ini masing-masing pemerintah kota saling bersinergi dan berkolaborasi memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya khususnya di sektor perdagangan. Begitu juga mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan lainnya,” pesannya.

Sidang pleno 1 Rakernas Apeksi XV di Padang (Foto: Dok. Istimewa)

Mendag RI juga berpesan melalui pelaksanaan Rakernas APEKSI XV, para Wali Kota se-Indonesia bisa menghasilkan kiat-kiat serta kolaborasi dan sinergi antar pemerintah kota dalam menjamin stabilitas ketersediaan bahan pokok serta harganya yang semakin terjangkau.

“Kita juga harapkan stabilitas politik dan keamanan bangsa tetap terjaga,” cetus Menteri

Sidang pleno 1 Rakernas Apeksi XV di Padang (Foto: Dok. Istimewa)

Sementara itu tuan rumah Apeksi Wali Kota Padanh, Hendri Septa menjelaskan APEKSI sebagai forum kerjasama daerah dapat menambah koneksi strategis Pemkot serta menjadi salah satu solusi pembiayaan Pembangunan Kota Padang.

Hendri Septa mengucapkan terimakasih atas kedatangan seluruh wali kota. Dirinya menyebut, seluruh tamu akan dijamu dengan baik.

“Kami akan menjadi tuan rumah yang baik, akan melayani seluruh wali kota dan tamu yang hadir. Jika ada yang kurang pelayanannya, beritahu kami,” sebutnya.

Sidang pleno 1 Rakernas Apeksi XV di Padang (Foto: Dok. Istimewa)

Gelaran Rakernas Apeksi memang sempat terhenti pada saat pandemi Covid-19 lalu. Terakhir, Rakernas Apeksi digelar di Semarang pada tahun 2019.

“Sudah hampir tiga tahun Rakernas Apeksi terhenti. Kini kita sambut tamu di Padang, selamat datang,” kata Hendri Septa.

Wali Kota Padang, Hendri Septa berharap melalui Rakernas tersebut, seluruh kota yang tergabung dalam APEKSI dapat maju bersama dengan melihat potensi yang dimiliki daerah masing-masing.

Hendri menambahkan forum APEKSI juga berdampak positif sebagai ajang promosi daerah guna mengenalkan potensi masing-masing daerah.

Sementara itu, Ketua Apeksi Bima Arya memberi acungan jempol bagi Kota Padang yang menjadi tuan rumah pada tahun ini. Menurutnya, pelayanan yang diberikan cukup baik.

Sidang pleno 1 Rakernas Apeksi XV di Padang (Foto: Dok. Istimewa)

“Untuk bisa menjadi tuan rumah, Kota Padang menunggu lama, sampai 20 tahun,” ujarnya.

Kepada sejumlah awak media di Ballroom Hotel Truntum, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengatakan, agenda APEKSI kali ini memberikan masukan kepada pemerintah terkait sejumlah issue strategi.

Pimpinan Sidang Pleno 2 Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore menyampaikan sidang pleno diskor akan dilanjutkan hingga besok siang.

Agenda Apeksi dilanjutkan dengan melihat pameran city Expo di Lapangan Imam Bonjol Padang.

Related posts