Ranperda Persetujuan APBD Tahun 2022 Ditandatangani

MINANGKABAUNEWS, SOLOK – Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah) Tahun 2022 Kota Solok ditandatangani Walikota Solok Zul Elfian Umar bersama pimpinan DPRD Kota Solok.

Penandatanganan tersebut berlangsung, Senin (29/11/2021) dalam sidang paripurna DPRD Kota Solok di Laing. Selain Walikota Solok, Ketua DPRD Kota Solok Nurnisma beserta Wakil Ketua DPRD Kota juga ikut menandatanganinya.

Read More

APBD yaitu rencana keuangan tahunan Pemerintah Daerah di Indonesia yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah setempat, dan ditetapkan dengan Peraturan Daerah.

Tahun penggunaan atau pemakaian APBD ini berlaku dalam masa satu tahun, mulai dari tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 31 Desember, pada tahun yang sama.

APBD terdiri dari Anggaran Pendapatan. Di antaranya PAD (Pendapatan Asli Daerah) yang meliputi Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah, dan Penerimaan lainnya.

Dana Perimbangan, yang meliputi Dana Bagi Hasil, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus.
Lain-lain pendapatan yang sah seperti Dana Hibah, Dana Darurat, Dana Bagi Hasil Pajak dari Provinsi dan Pemerintah Daerah lainnya, Dana Penyesuaian dan Otonomi Khusus, Bantuan Keuangan dari Provinsi atau Pemerintah Daerah Lainnya dan Pendapatan Lain-Lain.

Anggaran Belanja, yang digunakan untuk keperluan penyelenggaraan tugas pemerintahan di daerah.
Pembiayaan, yaitu setiap penerimaan yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran yang bersangkutan maupun tahun-tahun anggaran berikutnya.

Related posts