Ratusan Karya Seni bagi Kaum Disablitas Dipamerkan

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG —  120 Karya Inovasi Seni Kerajinan Makrame Bagi Kaum Disabilitas dan Pengrajin Perempuan pamerkan, bertempat di Hotel Pangeran. Sabtu, (1/10/2022).

Pameran Makrame yang berlangsung selama lima hari, 1-5 Oktober ini merupakan tindak lanjut dari workshop yang telah dilakukan sebelumnya oleh Kaum Disabilitas dan Perempuan pada 20 Agustus hingga 3 September lalu melalui fasilitasi Direktorat Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi.

Read More

Dihadiri Wawako Asrul, dan memberikan apresiasi kepada para pengrajin Makrame yang sudah memamerkan karyanya dengan baik yang menampilkan 120 karya. Ia berharap akan muncul inovasi-inovasi pemberdayaan masyarakat lainnya di tengah-tengah warga.

“Kita berharap Kerajinan Seni Makrame ini bisa bertumbuh kembang di Kota Padang Panjang. Karena kita punya potensi dengan keberadaan SDM dari Institut Seni Indonesia (ISI) yang bisa menjadi fasilitator, instruktur ataupun fasilitator bagi masyarakat kita. Harapan kita suatu hari nanti Padang Panjang akan dikenal dengan produk Kerajinan Makrame yang berkualitas tinggi,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan, dari hasil karya Makrame ini semua pengrajin bisa memasarkan produk-produknya baik kepada warga kota maupun di luar Padang Panjang.

Kepala Badan Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Unri, S.S, M.Si juga menyampaikan pihaknya berharap Kota Padang Panjang bisa menjadi sentral bagi Kerajinan Seni Makrame.

“Kebudayaan ini tidak bisa kita lahirkan sendiri, maka dari itu kami menghimbau kepada semua pihak di lingkungan Pemerintah Kota kedepannya bisa bekerja sama dalam membentuk ekosistem kebudayaan. Kami yakin Padang Panjang bisa menjadi pusat kebudayaan benda maupun tak benda,” harapnya.

Usai melakukan pemotongan pita pameran Makrame, Wawako Asrul bersama kepala BPNB, Ketua Dekranasda Kota Padang Panjang, dr. Dian Puspita Fadly Amran, Sp.JP, Wakil Rektor II ISI Padang Panjang Purwo Prihatin,S.Sn,. M.Hum, melihat pameran yang terdiri dari tas, tirai pintu, pajangan, syal, gantungan hias dan lainnya sebagainya.

Ikut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Yan Kas Bari, S.E, perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Camat Padang Panjang Barat, Fiori Agustian, SIP, Lurah Bukit Surungan, Ryan Afrinaldi, A.Md dan undangan lainnya.

Kepada masyarakat yang ingin melihat dan berminat terhadap Kerajinan Seni Makrame ini bisa mengunjungi Hotel Pangeran hingga 5 Oktober mendatang.(Edi Fatra)

Related posts