Ratusan Santri Ikuti Khatam Quran dan Wisuda Iqra’ IGM Sintoga

  • Whatsapp

 

MINANGKABAUNEWS.com, PADANG PARIAMAN — Pada Minggu, 16 Juni 2024, suasana di Nagari Sintuak, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang (Sintoga), Kabupaten Padang Pariaman, begitu berbeda. Sejak pagi, ratusan santri TPQ/TPSQ se-nagari Sintuak telah bersiap-siap untuk merayakan momen penting dalam hidup mereka: Khatam Qur’an dan Wisuda Iqra’. Sebanyak 127 santri, dengan penuh semangat, bersiap untuk mengikuti pawai yang akan mengawali acara besar ini.

Tepat pukul 07.30 WIB, pawai dimulai dari kantor walinagari Sintuak. Santri-santri yang mengenakan baju koko putih dan sarung, serta para santri perempuan dengan baju kurung berwarna-warni, berbaris rapi. Mereka melangkah dengan penuh kebanggaan, diiringi lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan irama rebana yang menggema. Pawai ini bukan hanya sekadar berjalan kaki, tetapi sebuah perjalanan penuh makna yang memperlihatkan komitmen masyarakat terhadap pendidikan agama.

Sepanjang perjalanan menuju gerbang sekolah MAN Insan Cendekia Padang Pariaman, warga masyarakat keluar dari rumah mereka, memberikan dukungan dan doa. Senyum dan semangat terlihat di wajah-wajah mereka, menambah semarak acara. Para santri melintasi jalan-jalan dengan langkah mantap, membawa pesan penting tentang pentingnya menuntut ilmu dan mengamalkan ajaran agama.

Sekitar pukul 10.00 WIB, pawai mencapai titik akhir di depan pintu gerbang sekolah MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. Suasana semakin meriah dengan kehadiran banyak orang tua yang ikut berbangga hati menyaksikan pencapaian putra-putri mereka.

Setelah pawai, seluruh peserta, guru, dan orang tua santri memasuki aula MAN Insan Cendekia Padang Pariaman. Aula yang telah dihias dengan cantik menjadi tempat berkumpulnya seluruh hadirin. Acara dilanjutkan dengan kata sambutan dari berbagai pihak. Panitia acara membuka dengan ucapan syukur dan harapan agar para santri terus semangat dalam belajar.

Defriandi Tuanku Imam, salah seorang guru TPQ/TPSQ, dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga dan haru melihat antusiasme dan semangat para santri.

Walinagari Sintuak, Desrial dalam sambutannya, menekankan betapa pentingnya pendidikan agama sebagai pondasi moral dan etika generasi muda. Pengurus IGM Kecamatan Sintuak Toboh Gadang juga memberikan pesan-pesan inspiratif tentang peran serta masyarakat dalam mendukung pendidikan agama.

Tidak ketinggalan, perwakilan orang tua santri menyampaikan sepatah kata yang mengharukan. Mereka mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian anak-anak mereka dan berterima kasih kepada para guru yang telah membimbing dengan penuh kesabaran. Sambil menikmati cemilan kotak dan minuman seadanya, hadirin mendengarkan setiap sambutan dengan penuh perhatian.

Acara ini tidak hanya menjadi perayaan keberhasilan para santri, tetapi juga mempererat tali silaturahmi antar warga. Kebersamaan dan kekompakan terasa begitu kuat di dalam aula. Momen ini menjadi bukti nyata betapa kuatnya dukungan masyarakat terhadap pendidikan agama.

Menjelang waktu sholat zhuhur, acara berakhir dengan lancar dan penuh kesan. Para santri yang telah menyelesaikan Khatam Qur’an dan Wisuda Iqra’ membawa pulang kenangan manis dan semangat baru untuk terus belajar dan beribadah. Bagi mereka, hari ini adalah awal dari perjalanan panjang dalam menuntut ilmu dan mengamalkan ajaran agama.

Perayaan Khatam Qur’an dan Wisuda Iqra’ di Nagari Sintuak pada 16 Juni 2024 ini tidak hanya sukses menjadi acara yang meriah, tetapi juga meninggalkan kesan mendalam yang akan dikenang oleh semua yang hadir. Semoga semangat ini terus berlanjut, membawa berkah dan kemajuan bagi seluruh masyarakat Sintuak. (titip elyas/ad)

Related posts