Resmikan PANSIMAS Sungai Mangkirai, Bupati: Kelola Dengan Baik dan Benar

  • Whatsapp
Bupati pada acara peresmian PANSIMAS Jorong Sungai Mangkirai, Kenagarian Pandam Godang, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (12/6/2021).

MINANGKABAUNEWS, LIMAPULUH KOTA — Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), merupakan platform pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatan berbasis masyarakat. Ketua Kelompok Pengelola Sarana Prasarana Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS) Batang Sianok Jorong Sungai Mangkirai Depi Surya menuturkan bahwa sebelum adanya PAMSIMAS di Jorong Sungai Mangkirai masyarakat kesulitan mendapatkan akses air bersih. Untuk mendapatkan air bersih masyarakat harus mengambil air dari luak (sumber mata air).

“Persoalan sosial yang dihadapi masih ada sekitar 20 rumah yang belum memperoleh bantuan PAMSIMAS. Semoga untuk kedepan semua masyarakat di Jorong Sungai Mangkirai mendapatkan program tersebut. lanjutnya.” Kata Depi.

Read More

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator PAMSIMAS Limapuluh Kota Rosnimar menuturkan sudah 870juta dana dari PAMSIMAS yang dikucurkan untuk memberikan akses air minum dan sanitasi di Jorong Sungai Mangkirai.

“Barangkali ini di Kabupaten Limapuluh Kota di jorongnya termasuk yang terbesar untuk yang dialokasikan. Per Maret 2021 PAMSIMAS secara program sudah memberikan kontribusi 29.9% terhadap capaian air minum di Kabupaten Limapuluh Kota,” sebutnya.

Ditambahkan Rosnimar, setelah nanti berakhir program PAMSIMAS, diharapkan pemerintah tetap melanjutkan program agar keberlangsungan air bersih di Limapuluh kota tetap terjaga. Aspek teknis perlu terus diperhatikaan terhadap seluruh sarana yang telah dibangun.

“Diharapkan agar terus berjalan sesuai fungsinya. Aspek lembaga yang akan mengelola, aspek iuaran yang diambil dari sarana yang dibangun, aspek persoalan sosial dimana masyarakat yang belum memperoleh bantuan pamsimas harus diatasi, dan aspek lingkungan.” Tambahnya.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo menyampaikan pengelolaan PAMSIMAS agar direalisasikan dengan benar dan di proporsikan hingga menyentuh langsung kepada masyarakat sebagai kebutuhan dasar yang tidak dapat diabaikan.

Sumber kehidupan dan kesehatan kita adalah air. Makannya perlu pengelolaan yang benar dan tepat agar masyarakat tetap hidup sehat dan bersih. Program ini merupakan program yang disuguhkan pemerintah untuk keperluan dan kebutuhan dasar masyarakat. Kelola dengan baik dan benar.” Tegas Bupati pada acara peresmian PAMSIMAS Jorong Sungai Mangkirai, Kenagarian Pandam Godang, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (12/6/2021).

Lanjut Bupati, saat ini Kabupaten Limapuluh Kota memiliki angka Stunting yang tinggi. Yakni dari data dinas terkait tercatat 40,1 persen yang perlu diselesaikan. Yang mana stunting merupakan gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang yang mengakibatkan terganggunya pertumbuhan anak.

“Semoga dengan penerapan hidup bersih dan sehat bisa mencegah stunting secara signifikan. PAMSIMAS merupakan program yang bisa dimanfaatkan sebagai langkah awal penerapan kebersihan dan penyelesaian persoalan Stunting di Kabupaten Limapuluh Kota,” Tutup Bupati.

Hadir dalam peresmian itu, Walinagari Pandam Godang Heri Heri Suherman, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Limapuluh Kota Fraksi Gerindra Khairul Apit, Ketua Golkar Doni Ikhlas dan Ketua TP PKK Ny. Nevi Safaruddin Dt Bandaro Rajo. (rn/tk/ft)

Related posts