Respon Mengejutkan Kemenkes usai Banyak Dokter Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
Dokter Covid
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, NASIONAL — Pemerintah memastikan jumlah tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia masih mencukupi untuk melayani pasien, baik dengan penyakit Covid-19 atau bukan. Pemerintah sudah mengkoordinir adanya penambahan relawan untuk membantu rumah sakit rujukan dengan beban yang tinggi.

“Sudah ada penambahan relawan,” kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, Minggu (27/6).

Read More

Selain itu, pemerintah juga memastikan tindakan pencegahan dan pengendalian infeksi berjalan dengan baik. Khususnya, ujar Siti, di lingkungan rumah sakit dan tempat kerja para tenaga kesehatan. Seluruh nakes juga dibekali dengan alat pelindung diri yang jumlahnya diklaim masih sangat memadai.

Sebelumnya, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di daerah melaporkan adanya lonjakan jumlah dokter yang terpapar Covid-19. Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 IDI Yogyakarta Tri Wijaya menyebutkan, ada 150 dokter di wilayahnya yang terpapar Covid-19 saat ini.

“Ini angka saat ini. Bukan yang termasuk sudah sembuh,” kata Tri.

Angka itu juga belum termasuk perawat dan tenaga kesehatan lainnya sedangkan jumlah seluruh dokter di Yogyakarta sebanyak 3.000 orang. Sementara di Jawa Tengah, jumlah dokter yang terpapar Covid-19 sebanyak 846 orang.

Angka ini merupakan akumulasi dari awal pandemi tahun lalu. Dari angka tersebut, 628 dokter sudah dinyatakan sembuh, 60 dokter masih dirawat, dan 90 orang menjalani isolasi mandiri. (Rep)

Related posts