Revitalisasi Kapasitas BUMNag Agar Maju dan Mandiri Oleh Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN — Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam program berkelanjutan membantu nagari tageh untuk tumbuh kembang dengan usaha kopi, perikanan, peternakan dan wisata di Nagari Pauh Duo Nan Batigo Kecamatan Pauah Duo Kabupaten Solok Selatan dengan membantu BUMNag Alam Marinte Mandiri dengan tujuan Revitalisasi/peningkatan kapasitas agar BUMNag dapat maju dan mandiri kedepannya baik dibidaang usaha-usaha yang ada di BUMNag, Selasa (29/11/21).

Edwardi selaku Wali Nagari Pauh Duo Nan Batigo mengatakan Kegiatan yang dilakukan adalah pemetaan masalah yang selama ini yang menjadi kendala mengapa BUMNag masih belum berkembang ataupun berkembang akantetapi masih lamban, hal ini dilakukan dengan cara pemetaan masalah BUMNag dan mencari solusi yang bisa dilakukan. Salah satu solusi yang dilakukan adalah dengan pemetaan potensi nagari yang bisa dikembangkan oleh BUMNag.

Read More

Direktur Nagari Development Center (NDC) Universitas Andalas, Eri Gas Ekaputra menjelaskan ini adalah kapasitas BUMNag dalam program nagari tageh di Nagari Pauh Duo Nan Batigo. Dengan revitalisasi BUMNag dengan cara pemetaan potensi nagari didapatkan solusi yang membangun dan membuat BUMNag bisa berjalan maju kedepannya seperti ide budidaya kentang yang dilakukan di lahan kopi dengan sistem tumpang sari, hal ini dapat menambah pemasukan BUMNag dan lahan kopi tetap terjaga serta masyarakat sekitar dapat diberdayakan.

“Selain usaha tersebut BUMNag sudah memiliki produk luaran kopi yang bernama kopi arabica Pinang Awan (produk asli Nagari) yang akan dilakukan strategi pemasaran agar dapat bersaing dengan produk kopi lainnya. Hal ini tak terlepas dari koordinasi NDC Universitas Andalas dengan Wali Nagari beserta perangkat nagari, Bamus Nagari dan Pengurus BUMNag Nagari Pauh Duo Nan Batigo,” ungkapnya.

Direktur BUMnag Lukfi menjelaskan hal ini kedepannya bukan hanya BUMNag saja yang dapat merasakan perubahan akantetapi masyarakat Nagari Pauh Duo Nan Batigo juga terbantu apabila BUMNag sudah maju dan mandiri. Program ini hendaknya dapat membantu BUMNag untuk dapat maju dan berkembang kedepannya dan tidak terlepas NDC Universitas Andalas dengan Wali Nagari beserta perangkat nagari, Bamus Nagari dan Pengurus BUMNag Nagari Pauh Duo Nan Batigo. (Mj)

Related posts