Rezka Oktoberia Dapati Balita Patah Tangan Korban Gempa di Posko Pengungsian Palembayan Agam

Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Rezka Oktoberia, hibur anak-anak para korban gempa Pasaman di Posko Pengungsian di Palembayan Agam, Senin (28/2). (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, AGAM – Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Rezka Oktoberia, terus gencar berkeliling daerah melakukan kunjungan lapangan, guna memastikan penanganan para korban bencana gempa dan tanah longsor Pasaman-Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Setelah berkunjung ke tenda-tenda pengungsian di Pasaman Barat beberapa waktu lalu, sepanjang Senin (28/2) kemarin, Rezka juga turun ke lapangan meninjau kondisi para pengungsi asal Pasaman ke Palembayan Agam.

Read More

Dalam kunjungannya ke Palembayan Agam, Rezka yang terjun langsung ke posko-posko pengungsian bersama Wakil Bupati Agam serta Kapolres Agam, menemukan ribuan warga Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman yang mengungsi ke nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan Kab Agam.

Para pengungsi, dikatakan, terpaksa meninggalkan rumah mereka di Pasaman yang hancur terdampak gempa bermagnitudo 6,2 skala richter, Jumat (24/2) lalu. Disana, Rezka sempat menemukan ada seorang balita korban gempa, yang terluka akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

“Disini, saya melihat ada seorang balita patah tangan, korban runtuhan material rumah. Segera diberi penanganan atau bawa ke Rumah Sakit terdekat disini, juga ibu hamil yang dijahit kepalanya. Kami beri pengobatan segera termasuk balita, lansia yang sakit,” ujar Rezka via WhatsAPP kepada MKN, Selasa (1/3).

Selain korban selamat, masih ada warga Malampah yang belum ditemukan pascagempa. Salah satunya seperti ayah-ibu dari Amira, seorang pengungsi yang sampai kini belum ditemukan.

Dari cerita korban, kepada Rezka, pada saat kejadian kedua orang tua Amira sedang pergi ke ladang, dimana ladang tersebut berada tepat dipusaran lumpur yang melanda Malampah. “Mari kita berdoa semoga keluarga amira dan masyarakat lainnya segera bisa ditemukan,” ujar Rezka mendo’akan.

Hadir dalam penyerahan bantuan itu, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, yang juga merupakan kader Partai Demokrat, Kapolres AKBP Dwi Nur Setiawan, Kepala Dinas Sosial, Kepala BPBD Agam, serta Jondra Marjaya anggota DPRD Agam dari Demokrat yang juga merupakan putra asli Palembayan.

Hasil kunjungannya ke lapangan selaku anggota DPR RI, Rezka menyebut, pihaknya melalui Fraksi Demokrat akan mendorong pemerintah pusat memprioritaskan bantuan kebutuhan para korban ke Sumatera Barat, khususnya ke wilayah-wilayah terdampak.

Rezka tidak lupa berdialog memberi support kepada para korban, disamping menyerahkan bantuan dari Partai Demokrat. Bantuan berupa beras, sembako, selimut, air minum kemasan, susu bayi, baju, makanan untuk balita, keperluan perempuan, kebutuhan balita, hingga sayuran lauk pauk untuk kebutuhan dapur umum.

“Bapak SBY bersama Ketua Umum Partai Demokrat AHY, serta seluruh keluarga besar Partai Demokrat sangat berbelangsungkawa sekaligus bersimpati atas bencana yang menimpa masyarakat Nagari Malampah, Kecamatan Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman. Semoga kita semua diberi kekuatan oleh Allah SWT,” ulas Rezka.

Rezka memastikan, dirinya bersama Partai Demokrat akan selalu memantau kondisi terkini penanganan pengungsi di Salareh Aia, kecamatan Palembayan. Dia juga selalu berkordinasi dengan para kader Demokrat di dapil setempat, agar berupaya semaksimal mungkin memberikan terbaik bagi para korban bencana.

Dia mengapresiasi setinggi-tingginya kepedulian Bapak Syafrizal Dt Majo Lelo salah satu dermawan, yang sudah memberikan izin tempat tinggal bagi warga nagari Malampah yang mengungsikan diri akibat gempa yang meluluh lantakan kampungnya. “Terima kasih banyak pada Pak Datuak,” ucap Rezka.

Wali nagari Salareh Aia, Iron Mariadi, menyampaikan ungkapan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada Rezka Oktoberia anggota DPR-RI dan juga para kader-kader partai Demokrat yang telah peduli terhadap masalah yang tengah dihadapi oleh masyarakat nagari Malampah yang kini mengungsi di Salareh Aia Agam.

“Mudah-mudahan niat baik buk Rezka Oktoberia beserta jajaran,di balas sang pencipta hendak nya,” sebut Iron.

Dia juga mengungkapkan terimakasih kepada Pemkab dan masyarakat Agam, yang sudah dengan hati tulus membantu para korban gempa dari Pasaman. Karena, menurutnya, duka Pasaman dan Pasaman Barat adalah duka bersama. (akg)

Related posts