Rudal Vympel R-73 Senjata Teranyar milik TNI AU Rusia dan Spesifikasi

MINANGKABAUNEWS.com, JAKARTA – Rudal Vympel R-73 menjadi salah satu senjata yang diterjunkan Rusia dalam perang melawan Ukraina. Rudal ini bukan senjata biasa karena telah teruji sejak era Perang Dingin dan terus mengalami pemutakhiran teknologi.

Spesifikasi rudal Vympel R-73 atau AA-11 Archer dalam kode NATO setara dengan Sidewinder andalan Amerika Serikat. Sama dengan Sidewinder, R-73 pun terdiri dari beragam varian, karena rudal ini sejatinya bukan produk baru.

Berikut spesifikasi Rudal Vympel R-73 serta fakta-fakta menarik lainnya, dirangkum dari berbagai sumber, Senin (6/11/2023):

1. Peninggalan Perang Dingin

Rudal Vympel R-73 pertama kali dikembangkan pada 1973 oleh Vympel NPO. Dan setelah lewat serangkaian uji, R-73 mulai digunakan oleh AU Soviet pada 1982.

2. Kehebatan Rudal Vympel R-7

R-73 mengincar panas yang dihasilkan target, yakni dengan pemandu sensor infra merah. Singkat kata, R-73 dapat menembak target dari berbagai sudut dan posisi. Rudal ini cocok untuk dog fight paling berat sekalipun, yaitu hingga level 12G. Tidak hanya itu saja, R-73 dapat dioperasikan dalam segala kondisi cuaca dan anti jamming.

Dilansir dari laman resmi TNI AU, sama dengan AIM-9X Sidewinder, R-73 dapat diintegrasikan dengan helm pilot, memungkinkan pilot membidik sasarannya dengan hanya melihatnya saja.

 

3. Spesifikasi Rudal Vympel R-73

Spesifikasi Rudal Vympel R-73, Senjata Mematikan Rusia yang Dimiliki TNI AU

R-73 ditenagai oleh mesin roket berbahan bakar padat (solid fuel rocket engine). Untuk bermanuver, R-73 memiliki empat sirip kontrol yang terletak di bagian depan serta stabilizer di bagian belakang sayap. Tak kalah dengan Sidewinder terbaru, R-73 juga memiliki thrust-vectoring yang memungkinkannya untuk melakukan manuver paling ekstrem.

R-73 yang saat ini diproduksi oleh Tbilisi Aircraft Manufacturing dapat menguber sasaran hingga kecepatan 2.5 Mach. Dari berat totalnya yang 105 Kg, 7,4 Kg di dalamnya berupa hulu ledak.

Lantas bagaimana dengan jangkauan tembak? Untuk tipe R-73E daya jangkaunya mencapai 20 km, R-73M1 (30 Km), dan R-73M2 (40 Km).

 

4. Dimiliki Indonesia

Rudal Vympel R-73 adalah salah satu rudal andalan jet-jet tempur Sukhoi TNI AU. Rudal udara ke udara ini sangat ampuh dalam dog fight antar jet tempur di udara. Namun, mengenai jenis dan berapa jumlahnya masih belum ada informasi yang jelas.

 

5. Varian Tercanggih

Sejak tahun 1994, R-73 telah ditingkatkan dalam produksi menjadi standar R-73M, yang mulai digunakan oleh Rusia pada tahun 1997. R-73M memiliki jangkauan yang lebih besar dan sudut penangkap yang lebih luas (hingga 60° dari garis pandang), serta sistem penangkal gangguan inframerah yang ditingkatkan.

Dikutip dari Wikiwand, pengembangan lebih lanjut mencakup R-74 (izdeliye 740) dan varian ekspornya, yaitu RVV-MD. Rudal ini tak hanya dirancang untuk menghantam sasaran jet tempur, pesawat angkut dan helikopter, tapi juga menghancurkan rudal jelajah, dan sasaran yang memancarkan radiasi di permukaan, seperti stasiun radar.

Versi yang ditingkatkan dari R-74, yaitu K-74M (izdeliye 750), dilengkapi dengan sistem digital dan dapat diprogram ulang, dan dimaksudkan untuk digunakan pada pesawat MiG-35, MiG-29K/M/M2, Su-27SM, Su-30MK, dan Su-35S.

Related posts