Sagaluak Aie Bukit Gadang, Indak Ka Mungkin Untuak Pambasuah Lokasi Tagaknyo IKN

  • Whatsapp
Ketum MUI Sumbar, Buya Dr. Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa (Foto: Dok. Istimewa)

Oleh: Ketum MUI Sumbar, Buya Dr. Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa

Sagaluak aie bukit gadang, indak ka mungkin untuak pambasuah lokasi tagaknyo IKN. Sakapa tanah pasaman tantu indak ka mungkin ka jadi aleh tapak pondasi istana di IKN.

Read More

Kalau sambuangan aka indak tajalin, tantu tali bathin nan basawua. Manduduakkan kayakinan ateh nan ghaib hanyo baaleh dugaan tak baalasan dari `Âlim al-Ghaib wa al-Syahâdah”, itulah nan khurafât. Sagalo ritual nan tagak ateh kayakinan sarupo itu, apopun nan ka disabuik namonyo adalah HARÂM untuak dilakukan dan diikuti oleh seorang muslim. Pelakunya dan yang terlibat dengan perbuatan tersebut, bisa terjatuh ke dalam perbuatan syirik. Kalaupun ada yang berhelah dengan perintah atasan, ingatlah bahwa tidak ada tuntutan untuak taat kepada siapapun jika disuruh berbuat maksiat kepada Allah swt.

Apalagi seorang pemimpin yang bisa saja sikap dan perbuatannya menjadi contoh bagi masyarakat. Perkara ‘aqidah tauhid tidaklah patut dipertukarkan dengan kepentingan politik ataupun kepentingan lainnya karena tiada artinya membangun fisik di atas kerusakan ‘aqidah tauhid.

عن سفيان بن عبد الله رضي الله عنه قال: قلت: يارسول الله ! قل لي في الاسلام قولا, لا أسأل عنه أحدا غيرك؟. قال: “قل آمنت بالله ثم استقم” رواه مسلم

Artinya: “Dari Sufyan bin Abdullah ra, ia berkata: aku berkata wahai Rasulullah ! Katakanlah kepadaku tentang Islam dengan sebuah perkataan yang mana saya tidak akan menanyakannya kepada seorangpun selainmu. Rasulullah saw menjawab: “katakanlah: Aku beriman kepada Allah, kemudian istiqamahlah !”. (HR Muslim)

Related posts