Sah! Turki Resmi Ganti Nama ke PBB, Ini Nama Barunya

MINANGKABAUNEWS.COM, INTERNATIONAL – Nama baru Turki, Turkiye, akan segera diakui oleh PBB. Hal ini dinyatakan oleh Juru Bicara Sekjen PBB, Stephane Dujarric.
Dalam keterangannya, Dujarric menyatakan bahwa proses ini telah diminta langsung oleh pihak Ankara. Perubahan ini akan berlaku segera.

“Perubahannya segera. Surat resmi Turki yang meminta perubahan telah diterima di markas besar PBB di New York pada hari Rabu (depan),” tegas Dujarric dikutip AFP, Jumat (3/6/2022).

Read More

Sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavasoglu memang telah men-tweet foto dirinya yang menandatangani surat tersebut. Surat ditujukan kepada Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

“Dengan surat yang saya kirimkan kepada Sekjen PBB hari ini, kami mendaftarkan nama negara kami dalam bahasa asing di PBB sebagai ‘Turkiye’,” terangnya.

Wacana penggantian nama ini sendiri telah disuarakan Presiden Recep Tayyip Erdogan sejak lama. Erdogan berpandangan bahwa nama ‘Turkey’ yang dikenal dalam Bahasa Inggris sama dengan arti kalkun.

Menurutnya, dengan perubahan nama, Turkiye dapat menjadi perwakilan ekspresi, budaya, peradaban, dan nilai-nilai Negeri Anatolia itu .

“Dalam rangka memperkuat nama Turkiye, dalam segala jenis kegiatan dan surat menyurat, terutama dalam hubungan resmi dengan negara lain dan lembaga dan organisasi internasional, istilah Turkiye akan digunakan sebagai pengganti istilah seperti ‘Turki’, ‘Turkei’, ‘Turquie’ dan seterusnya,” terangnya pada pidato beberapa bulan lalu

Related posts