Salurkan Alat Bantu Pertanian, Dede Pasarela: Ini Solusi Bagi Petani

Dede Pasarela saat menyerahkan alat bantu pertanian kepada kelompok tani di Kecamatan Sangir
Dede Pasarela saat menyerahkan alat bantu pertanian kepada kelompok tani di Kecamatan Sangir

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Partai Demokrat Solok Selatan memulai Desember pada tahun ini dengan sebuah kegiatan yang bekesan dengan masyarakat yaitu melalui penyaluran alat bantu pertanian kepada beberapa kelompok tani.

Kegiatan ini merupakan Realisasi Pokir anggota DPRD Dede Pasarela tahun 2022. Kegiatan ini terlaksana dengan kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan. Penyaluran ini meliputi penyerahan Mesin Bajak (Traktor), Cultivator dan Motor roda 3.

Read More

Dalam kegiatan ini Dede Pasarela menyatakan bahwa penyaluran ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terhimpun kepada beberapa kelompok tani dalam proses pertanian.

“Alat-alat yang dibagikan, harus mampu mempermudah masyarakat dalam proses pertanian dan menjadi solusi,” katanya di sela kegiatan tersebut.

Menurut anggota Dewan yang biasa disapa Arel ini, bahwa peningkatan teknologi akan mampu meransang proses produksi yang lebih baik.

“Proses peningkatan hasil pertanian tidak bisa terlepas dari kemajuan teknologi dan mobilitasnya,” tambahnya.

Selain itu, Arel juga menekankan efek pandemi yang berakibat pada pertanian, dan ditambah lagi kenaikan harga BBM yang tentunya berakibat meningkatnya inflasi sehingga semakin menambah tekanan terhadap para petani dalam memperoleh bibit, pupuk dan alat pendukung pertanian lainnya.

“Petani kita, akhir-akhir ini sangat terdampak secara ekonomi. Mulai dari serangan pandemi kemudian diiringi dengan kenaikan BBM dan tentunya naiknya angka inflasi sehingga mencari bibit dan pendukung lainhya sangat susah,” tegasnya.

Penyaluran bantuan ini meliputi beberapa kelompok tani yang berdomisili disekitaran kecamatan Sangir. Arel menghimbau kepada kepada semua pihak terkait agar juga bisa semakin meningkatkan berbagai bantuan, sehingga akan mampu mecapai wilayah yang lebih luas dan berakibat semakin merata peningkatan priduktifitas serta perekonomian masyarakat.

“Ini disalurkan masih disekitaran Kecamatn Sangir, tapi kepada pemangku kepentingan lainnya, ayo kita sebar semua secara merata di tiap daerah Solok Selatan,” ungkap Arel.

Selain Traktor dan cultivator, Alat transportasi Motor roda 3 menjadi salah satu item yang diserahkan dalam kegiatan ini. Hal ini diharapkan akan mempermudah para petani untuk megangkut bahan dan hasil pertanian, sehingga bisa menekan biaya transpiortasi dan produksi selama ini.

“Sengaja juga disalurkan motor roda 3, agar para petani yang selama ini memiliki lahan pertanian terkadang jauh dari akses tranportasi umum akan lebih mudah diangkut,” pungkasnya.

Beberapa kelompok tani yang menerima bantuan ini adalah Kelompok Tani Mitra Abadi Bukik Parambo, kelompok Tani Kutianyia Saiyo, Kelompok Tani Anak Rantau, Kelompok Tani Bantaran Timbulun Sikinjang, dan beberapa kelompok tani lainnya.

Ditemui terpisah, salah satu penerima bantuan yaitu Taufik yang merupakan ketua Kelompok Tani Bantaran Timbulun, menyatakan bahwa dengan adanya bantuan yang diberikan anggota DPRD ini, akan mampu menjadi solusi terhadap sulitnya memperoleh alat pertanian ini, dan juga Taufik mengatakan bahwa kegiatan ini juga harus diikuti oleh anghota dewan lainnya sehingga semakin banyak yang bisa terbantu.

“Kami memang terkendala dalam memperoleh alat pendukung pertanian ini, namun dengan adanya bantuan ini kami sangat merasa terbantu dan kepada anggota dewan lainnya kita himbau agar juga turun dan memperhatikan nasib kami masyarakat di bawah,” tegasnya. (rls)

Related posts