Sambut HKN, Puskesmas di Solok Selatan Lakukan Pelayanan Masyarakat Secara Langsung

  • Whatsapp
Program Puskesmas Sehatkan Nagari
Program Puskesmas Sehatkan Nagari

MINANGKABAUNEWS.COM, SOLOK SELATAN – Dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 yang jatuh pada 12 November mendatang, Solok Selatan mengadakan berbagai kegiatan untuk mendukung hari tersebut. Guna mendukung tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’ beragam kegiatan pengabdian kesehatan diberikan kepada masyarakat secara langsung.

Plt. Kepaka Dinas Kesehatan Solok Selatan dr. Pendewal mengatakan, Rabu (2/11/2022) dilaksanakan kegiatan pelayanan oleh UPT Puskesmas KPGD dan Pinti Kayu.

Read More

“Beberapa jenis kegiatannya yakni makan buah bersama, penyuluhan kesehatan, pelayanan dokter spesialis, dan sunat massal,” kata Pendewal.

Selain itu, juga telah dilakukan pelayanan kesehatan kunjungan langsung untuk pasien, dengan perincian:
1. Kunjungan pasien anak sebanyak 20 orang;
2. Kunjungan pasien bedah sebanyak 5 orang;
3. Kunjungan pasien penyakit dalam 88 orang;
4. Pelayanan pasien mengandung 43 orang; dan
5. Sunatan massal sebanyak 8 orang.

Seluruh kegiatan tersebut terbuka untuk umum di Pinti Kayu dan dilakukan sepanjang hari hingga pukul 16.00 WIB.

Masih dalam rentetan acara yang sama, pada Kamis (3/11/2022), juga akan dilaksanakan kegiatan pelayanan pemeriksaan laboratorium dalam rangka pengelolaan penyakit kronis (Prolanis). Pemeriksaan lab ini akan dilakukan dengan bekerja sama dengan Laboratorium Prodia dengan memeriksa lebih dari 180 pasien dengan penyakit kronis.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di tiga titik di Solok Selatan, yakni di UPT Puskesmas KPGD, UPT Puskesmas Sungai Pagu, dan UPT PUskesmas Pauh Duo.

Sementara itu, untuk mendukung kegiatan pelayanan masyarakat yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, BPJS Kesehatan juga turut andil dalam peningkatan jumlah partisipannya di Solok Selatan.

Dilaporkan, BPJS Kesehatan melakukan pelayanan mobile costumer service. Kegiatan ini telah dilaksanakan di UPT Puskesmas KPGD dengan total responden sebanyak 55 orang.

Kegiatan yang dilakukan berupa pengecekan data, perbaikan data, dan pendaftaran anggota baru.

Kegiatan ini tak hanya dilakukan di tiga puskesmas ini saja, seluruh UPT Puskesmas di Solok Selatan juga melakukan kegiatan pelayanan kepada masyarat secara langsung.

Puncak peringatan HKN di Solok Selatan akan dilaksanakan pada 12-13 November 2022 mendatang, bertempat di UPT Puskesmas Lubuk Ulang Aling. (rls)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts