Sambut Ramadhan dengan Tausiah Agama, Shafiyyah Community Sumbar Salurkan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

  • Whatsapp
Safiyyah Community Sumbar salurkan santunan bagi puluhan anak yatim dan kaum dhuafa di Masjid Al-Bahri Kapalo Rimbo, Kecamatan Payakumbuh Utara, Kamis (13/3). (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, PAYAKUMBUH – Sebuah komunitas ibu-ibu muslimah yang tergabung dalam Shafiyyah Community Sumatera Barat menggelar kegiatan tausiah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan di Kota Payakumbuh, Kamis (31/3).

Dalam ajang tausiah agama tersebut, Shafiyyah Community Sumatera Barat juga sempat memberikan santunan bagi puluhan anak yatim dan kaum dhuafa. Kegiatan akbar tersebut berlangsung di masjid Al-Bahri Kapalo Rimbo, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Ketua Shafiyyah Kommunity, Zakiati Salma MA (Icha) menyebutkan, komunitasnya sengaja menyasar pemberian santunan kepada lebih kurang 50 anak yatim dan kaum dhuafa, se-Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Shafiyyah Community, menurutnya, adalah sebuah komunitas ibu-ibu muslimah yang telah berdiri sejak Oktober tahun 2019 silam. Komunitas ini selalu menggelar tausiah rutin, yang betujuan agar semua kelompok Shafiyyah Community bisa menciptakan kader-kader muslimah di tengah masyarakat.

Zakiati Salma dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terimakasih kepada pengurus masjid Al-Bahri, serta kepada masyarakat dan ibu-ibu wirid pengajian, yang telah menyempatkan diri untuk hadir dalam kajian tausiah Islam.

“Inshaallah kita akan selalu mengadakan pertemuan untuk menciptakan kader-kader perempuan, karena perempuan harus pintar, cerdas untuk menjadi madrasah bagi anak-anaknya,” sambut Zakiati Salma.

Tamu yang hadir dalam kegiatan itu diperkirakan hampir 250 orang lebih. Bagi 150 orang peserta pertama, maka dihadiahi doorprize kaos kaki muslimah. Turut hadir dalam acara itu, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat,
Ustadz Irsyad Syafar.

Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat dari Partai PKS itu hadir sebagai penceramah. Dalam tausiahnya, Irsyad Safar sempat menyampaikan beberapa apa yang hendaknya dilakukan umat muslim ketika menyambut bulan suci Ramadhan.

“Pertama, manusia hendaknya ketika melakukan ibadah, menganggap ibadah itu untuk yang terakhir kali. Otomatis ini akan meningkatkan kualitas ibadah kita, begitu juga hendaknya ketika melakukan ibadah puasa. Anggap ini menjadi puasa terakhir kita, agar kita bisa khusu’ menjalani ibadah puasa,” sebut Ustad Irsyad Syafar.

Kedua, lanjutnya, ia mengajak para umat muslim bergembira menyambut Ramadhan. Sebab, amalan di bulan puasa semua amalannya berjumlah 700 kali lipat. Adapun ibadah tersebut khusus untuk allah. Maka ia menyeru, agar para muslim dan muslimah memperbanyak membaca Al Qur’an, karena per-satu huruf yang dibaca, pahalanya 10 kali lipat.

Ketiga, Ramadhan adalah bulan yang penuh pengampunan, maka setiap malam Allah SWT akan memerdekakan hambanya di bulan puasa. Adapun keempat, yaitu mengusahakan membaca Al Qur’an setiap hari di waktu puasa, walau hanya satu ayat.

“Kita hendaknya menyegerakan berbuka bila waktu berbuka sudah masuk. Begitu juga dengan sahur, hendaknya waktu sahur hampir dekat dengan waktu subuh,” seru Irsyad Syafar di akhir tausiahnya. (akg)

Related posts