Sangar! Bikin Jepang Baper, China Luncurkan Kereta Peluru Tercepat di Dunia

  • Whatsapp
Kereta Terceoat di Dunia
Kereta peluru tercepat di dunia buatan China (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, TEKNOLOGI — China meluncurkan kendaraan transportasi darat tercepat di dunia yakni kereta peluru. Kereta itu mampu mencapai kecepatan 600 km/jam, yang dapat melakukan perjalanan antar kota lebih cepat daripada penerbangan.

Kereta peluru maglev menggunakan gaya elektromagnetik, yang membuatnya ‘melayang’ di atas rel tanpa kontak aktual antara badan kereta dan rel. Kendaraan itu dikembangkan dan dibangun di kota pesisir Qingdao dan telah resmi diluncurkan Selasa (20/7/2021) lalu.

Read More

Mengutip CCTV dengan kecepatan rekor tersebut, kereta dapat menempuh jarak 1000 km antara Beijing dan Shanghai hanya dalam dua setengah jam. Padahal biasanya, perjalanan memakan waktu tiga jam melalui udara dan lima setengah jam dengan kereta api berkecepatan tinggi yang beroperasi saat ini.

Beberapa negara, termasuk Jepang dan Jerman, telah mencari cara untuk membangun jaringan kereta maglev. Meskipun kompatibilitas dengan jaringan kereta yang ada menjadi kendala.

Sekitar enam tahun lalu, kereta maglev Japan Railway mencapai kecepatan tertinggi 603km/jam di jalur eksperimental di Yamanashi, memecahkan rekor dunia baru. Jepang sekarang sedang membangun jalur maglev Chuo Shinkansen baru antara Tokyo dan Nagoya, dengan kereta api diatur untuk mencapai kecepatan tertinggi sekitar 500 km/jam dan ditargetkan selesai pada 2027.

Related posts