Satpol PP terus Konsisten Ciptakan Kota Padang Aman dan Nyaman Melalui Penegakan Perda

Kasat Pol PP Padang, Mursalim saat diseminasi informasi di Media Center Pemko Padang, Rabu, (13/4).

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Upaya menciptakan keamanan dan kenyamanan, butuh penegakan aturan yang tegas namun tetap humanis. Sebagai garda terdepan penegakan peraturan daerah (Perda) Kota Padang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memegang peran penting tersebut.

Dengan menjaga sinergitas bersama Polri, Satpol PP Padang di bawah kepemimpinan Mursalim selalu cepat tanggap menjaga kekondusifan Kota Padamg. Meski disibukkan dengan patroli penertiban protokol kesehatan, selama satu tahun terakhir Satpol PP tetap menjalankan rutinitasnya sebagai penegak Perda. Demi terciptanya masyarakat Padang yang aman dan nyaman.

Read More

Kepala Satpol PP Kota Padang, Mursalim mengatakan selain penegakan prokes, ada banyak kegiatan Satpol PP yang sudah dijalankan selama satu tahun terakhir. Antara lain penertiban gelandangan, pengemis, manusia silver dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Bahkan ada beberapa ODGJ yang dilaporkan masyarakat meresahkan hingga merusak rumah dan membahayakan para penghuninya. Laporan masyarakat tersebut langsung ditanggapi dengan cepat.

Razia penegakan Perda lain yang masih sering dilakukan adalah razia THM dan panti pijit serta berpotensi jadi tempat pelanggaran masyarakat.

“Kami selalu siap menerima laporan 24 jam setiap hari,” tegas dia.

Peran lain Satpol PP yang tak kalah penting adalah penertiban pelajar tawuran dan balap liar serta pengawasan rumah makan.
Mereka inilah yang dijaring Satpol PP untuk dibina dan diminta untuk tidak mengulangi perbuatan mereka lagi.

Untuk menciptakan situasi kamtibmasagaraman terkendali, Satpol PP beberapa kali menertibkan karaoke ilegal yang meresahkan masyarakat. Tak sedikit dari razia ini juga ditemukan panti pijat illegal. Juga, penertiban warung remang-remang yang berpotensi jadi tempat kejahatan.

“Penegakan Perda adalah komitmen Satpol PP dalam menjaga kekondusifan dan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) khususnya di kawasan Pantai Padang dan jembatan Siti Nurbaya,” tuturnya.

“Selain kegiatan di atas, beberapa kali Satpol PP Padang melakukan penertiban di kawasan pantai Padang bersih dari tenda ceper dan pemalakan,” tutur dia.

Mursalim juga mengajak semua lapisan masyarakat, muslim dan non muslim dapat menjaga toleransi dan saling menghormati demi terciptanya kerukunan beragama dan bagi pedagang diharapakan jangan secara pulgar berjualan di siang hari, hargailah orangbyang sedang menjalankan ibadah puasa,” tutupnya.

Related posts