Sebanyak 30 Siswa dari SMA Negeri 4 Bukittinggi Mengikuti Kegiatan Membaca Buku

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI – Sebanyak 30 Siswa kelas 10 dan 11 dari SMA Negeri 4 Bukittinggi hari ini, tampak antusias mengikui kegiatan membaca buku yang difasilitasi oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi. Kegiatan membaca buku tersebut diselenggarakan di pelataran Kantor Balai Kota Bukittinggi, Gulai Bancah. Kamis (19/8/2021).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi, Johnni mengatakan, kegiatan membaca untuk para pelajar tersebut digagas oleh Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

Read More

“Kegiatan ini beranjak dari keinginan serta harapan beliau agar generasi muda Kota Bukittinggi, terutama para pelajar, memiliki minat membaca yang tinggi,” ujarnya dalam press release.

Johnni lebih lanjut menjelaskan, uniknya, para pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut tidak hanya sekedar membaca buku yang tersedia pada kendaraan Pustaka Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, namun mereka juga diminta untuk menuliskan resume dari buku yang telah dibacanya.

“Jadi, para pelajar ini nantinya diminta untuk membuat resume dari buku yang telah dibacanya tersebut. Mereka dapat menceritakan kembali apa yang telah dibacanya dengan gaya bahasa mereka sendiri,” Jelas Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi ini.

“Wali Kota mengharapkan, melalui cara ini (menulis resume, red) dapat mengembangkan daya pikir para pelajar, sehingga menjadikan aktivitas membaca lebih bernilai,” terangnya lebih lanjut.

Johnni mengaku terkesan dengan animo pelajar SMA Negeri 4 Bukittinggi dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan hari ini. Menurutnya, keberhasilan SMA Negeri 4 Bukittinggi masuk 15 besar Lomba Perpustakaan Sekolah Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2021 tergambar dari antusias pelajarnya dalam membaca buku.

“Kita tentunya bahagia dan bangga, jika Perpustakaan SMA Negeri 4 Bukittinggi dapat meraih prestasi terbaik Nasional tahun ini,” tuturnya.

Mengenai keberlanjutan kegiatan ini, Johnni sebutkan, akan dilaksanakan secara rutin ke depannya sebagai bagian dari pelaksanaan tugas dan fungsi yang diemban oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bukittinggi.

“Kami kedepannya akan menyelenggarakan kegiatan ini dengan peserta dari Sekolah lainnya di Bukittinggi. Lokasi penyelenggaraannya bisa di Perpustakaan sekolah tersebut atau diselenggarakan di ruangan terbuka seperti saat ini,” terangnya.

“Hal ini kita lakukan dalam upaya menumbuhkan minat membaca para pelajar, juga sebagai bentuk pembinaan yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan terhadap Perpustakaan Sekolah yang ada di Bukittinggi, sesuai dengan tugas dan fungsi yang diembannya,” tutup Johnni mengakhiri.

Related posts