Seharian, Kantor Wali Nagari Sialang Kapur IX Disulap Jadi Mall Pelayanan Publik

  • Whatsapp
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo didampingi Kadisdukcapil, Refilza, Camat Kapur IX, Wali Nagari Sialang menyerahkan dokumen kependudukan kepada masyarakat Sialang, Jumat (29/10) kemarin. (Foto: Sardi Nefri for MKN)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Kantor Wali Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat seharian disulap menjadi Mall Pelayanan Publik, Jumat akhir pekan kemarin. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyatakat setempat.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Refilza menyebut, pelaksanaan pelayanan masyarakat di Nagari Sialang bertepatan dengan Gerai Vaksin Presisi Samapta Polres Limapuluh Kota. Disana, pihaknya melakukan aktivitas layaknya mall pelayanan publik.

Read More

“Kita juga akan menggencarkan aksi turun ke nagari-nagari untuk menjalani warga masyarakat mendapatkan dokumen kependudukannya. Ditambah lagi hadirnya Mobil pelayanan SIM keliling dari Polres Limapuluh Kota,” kata Refilza melalui siaran persnya yang diterima Minangkabaunews.com, Minggu (31/10).

Kehadiran mobil pelayanan Disdukcapil di Sialang, menurutnya, dilakukan dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat yang ingin mendapatkan dokumen kependudukan.

Disdukcapil, katanya, juga ingin mendorong Nagari agar bisa melakukan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil berbasis IT yang Online, dan saling terkoneksi dengan dinas induk yang ada di kabupaten dan pusat.

“Kita juga menargetkan bagaimana masyarakat dapat terlayani tepat waktu dalam waktu singkat. Target kita, kantor induk yang berpusat di kabupaten, nantinya lebih melakukan pengawasan, controlling dan pembekalan,” jelas Refilza.

Supaya setiap nagari yang sudah menyatakan siap melakukan pelayanan berbasis IT yang sudah online dapat melakukan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil cukup sampai di kantor wali Nagari saja lagi.

“Pendelegasian perbantuan atau pelimpahan kewenangan kepada nagari dalam hal melakukan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil adalah sebuah program dan target Pemkab Limapuluh Kota,” tambahnya.

Sasarannya, agar masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan sebab data Adminduk berpusat di nagari masing-masing. Masyarakat kedepannya diimbau jika ingin melakukan urusan kependudukan, cukup hanya sampai di nagari saja dan paling jauh ke kantor camat.

Refilza menambahkan, secara bertahap sudah ada dua Nagari di Kecamatan Kapur IX yang sudah siap melakukan pelayanan  kependudukan dan pencatatan sipil berbasis IT serta interkoneksi secara online. Diantarannya, Nagari Kotobangun dengan Nagari Sialang.

Beberapa bulan kedepan, ia memastikan, mobil pelayanan Disdukcapil akan selalu gemcar turun kenagari guna mendorong nagari-nagari melakukan percepatan pelayanannya berbasis IT dan sudah bisa online.

Apalagi daerah-daerah yang merupakan kecamatan terjauh memiliki jarak diatas 100 kilometer dari pusat ibukota kabupaten. Seperti  Kecamatan Kapur IX yang paling timur setelah Kecamatan Pangkalan Koto Baru.

“Alhamdulillah, kemarin bapak Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo secara simbolis juga ikut menyerahkan dokumen kependudukan kepada salah seorang warga masyarakat yang dari awal diurus di nagari serta dicetak dan terbitkan oleh nagari dengan peralatan dan piranti lunaknya,” sebut Refilza.

Khusus nagari Sialang, kini dipastikan sudah memiliki peralatan sendiri melalui pembelian perangkat oleh nagari dengan menggunakan anggaran Dana Desa atas persetujuan Bamus nagari. (akg)

Related posts