Sembunyikan Chat WhatsApp Tanpa Blokir Kontak, Inilah Triknya

  • Whatsapp
Whatapps.

MINANGKABAUNEWS.COM, JAKARTA — Ternyata ada cara untuk menyembunyikan chat WhatsApp tanpa harus repot memblokir kontak yang dimaksud. Yakni dengan pengaturan Arsip Chat, jadi saat ada pesan masuk tidak ada notifikasi yang muncul.

Dengan cara ini kontak yang diarsipkan akan tetap dalam keadaan mute atau diam saat menerima pesan baru. Namun seluruh pesan dari utas tetap tersimpan secara permanen.

Tapi pengaturan ini masih bisa diubah sesuai keinginan pengguna. Gadget NDTV melaporkan arsip yang disimpan masih bisa dibatalkan secara manual.

Hal yang sama juga disampaikan oleh WhatsApp dalam akun Twitternya. “Arsip di WhatsApp memungkinkan mengatur pesan pribadi dan memprioritaskan chat penting. Arsip Chat akan tetap diarsipkan dan mute namun Anda tetap bisa mengubahnya kembali,” tulis WhatsApp dalam akun Twitternya dikutip Jumat (1/10/2021).

WhatsApp menambahkan fitur ini bertujuan untuk pengguna memiliki lebih banyak kontrol pada kontak masuknya. Selain itu tetap berada di atas chat terpenting pengguna.

Konsep fitur ini agak berbeda dengan sebelumnya. Yakni saat pengguna mendapatkan pesan baru dalam thread maka arsip dibatalkan.

Menurut perusahaan, ada banyak pengguna yang ingin pesan tetap diarsipkan dan tersembunyi. Oleh karena itu, WhatsApp membawa fitur baru tersebut dalam pengaturan arsip.

Saat pengguna mengarsipkan chat individu dan grup maka secara default, platform akan memisahkan chat yang diarsipkan meskipun nanti masuk pesan baru. Mereka tidak akan mendapatkan notifikasi dari pesan tersebut kecuali di-mention atau membalas pesan.

Sementara untuk menonaktifkan, caranya masuk ke Chats lalu menuju ke opsi Keep Chat Archived.

WhatsApp pernah menguji fitur ini pada April 2019. Per Juli lalu pengguna iOS dan Android juga sudah bisa mencicipi kemampuan tersebut.
(CNBC Indonesia)

Related posts