Sepak Tekong Permainan Tradisional Anak-anak Kampung Dalam, Pauh

  • Whatsapp
Permaian Sepak Tekong
Ilustrasi Permainan Sepak Tekong (Foto: Dokumentasi Panda by Galleries, 2011)

Oleh : Nurfazira Okta Putri

Kampung Dalam adalah suatu daerah di Kecamatan Pauh, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Anak anak di kampung dalam mempunyai salah satu permainan yang sering dimainkan yaitu Sepak Tekong.

Read More

Sepak tekong itu suatu permainan yang banyak dilakukan oleh anak-anak Kampung Dalam yang bersifat kebersamaan. Mempunyai media yang berbeda dari beberapa daerah lain di Sumatera Barat yang menggunakan tekong/ kaleng kemudian disiepak atau ditendang kemanapun lalu bersembunyi.

Permainan ini hampir sama dengan petak umpet yang membedakan hanya tekong yang disepak.

Teknik Permainan sepak tekong hampir sama dengan petak umpet yang membedakan hanya tekong yang ditendang. Permainan ini dilakukan di lapangan atau di tempat yang kosong dan luas dan biasanya dilakukan di malam hari dari pukul 8 sampai 10 malam. Pemain minimal 8 orang lalu melakukan hompimpa untuk mencari siapa saja orang yang akan bersembunyi, ketika tekong sudah disipak bersembunyi di tempat aman.

Ketika yang jadi pencari menemukan semua orang maka yang jadi gantinya orang yang terakhir ditemukan atau pencari tidak menemukan semua orang maka salah satu orang akan menendang tekong lalu orang bersembunyi kecuali si pencari.

Permainan ini dilakukan karena anak-anak sekitar sini ingin mencari hal yang baru dan berbeda dari petak umpet. Permainan sepak tekong menurut mereka lebih asyik dan tidak membosankan.

Pada zaman sekarang tidak sedikit anak kampung dalam masi memainkan permainan sepak tekong ini dengan rentang usia 7- 10 tahun.

Itulah sedikit Informasi tentang permainan Sepak Tekong di daerah Kampung Dalam, Pauh, Kota Padang.

/* Penulis adalah Mahasiswa Universitas Andalas.

Related posts