Serahkan 2 Ekor Satwa Langka, BKSDA Agam Apresiasi Kepedulian Masyarakat

  • Whatsapp
Kukang
Dua ekor satwa dilindungi jenis kukang diserahkan warga kepada BKSDA Resor Agam, Jum'at, ((21/5/2021). (Foto/dok istimewa)

MINANGAKABAUNEWS, AGAM — Seorang warga Jorong V Sungai Jariang, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) serahkan dua ekor satwa dilindungi Kukang (Nycticebus Coucang) ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Agam, Jum’at, (21/5/2021).

Kepala Resor BKSDA Agam, Ade Putra mengatakan, satwa dilindungi tersebut ditemukan oleh Doni (35) ditiang listrik Kamis, (20/5), kemarin.

Read More

“Khawatir satwa tersebut bakal tersentrum, Doni membawa satwa tersebut untuk dirawat dirumah,” ujarnya.

Sesampai dirumah, dilanjutkan Ade, anak Doni meemberitahu kepadanya bahwa satwa tersebut merupakan binatang yang dilindungi undang-undang.

“Mengetahui satwa tersebut dilindungi, Doni melaporkan penemuan sekaligus menyerahkannya ke BKSDA Agam,” ucap Ade.

Menanggapi laporan tersebut, tim Resor Agam datang kelokaso untuk mengevakuasi satwa langka dan dilindungi, kemudian memindahkan kekandang yang sudah disiapkan dan lalu di bawa ke kantor Resor KSDA Agam di Lubuk Basung untuk diobservasi.

“Berdasarkan hasil observasi, diketahui kedua satwa itu berkelamin jantan dan berusia kurang lebih 3 tahun, dalam kondisi sehat dan masih sangat agresif,” ucap Ade.

Menyikapi hal tersebut, BKSDA Agam sangat mengapresiasi kepedulian warga dalam menyelamatkan satwa langka.

“Kita sangat mengaoresiasi kepedulian masyarakat. Direncanakan, hewan yang diserahkan tersebut akan dilepasliarkan ke alam,” ucap Ade.

Diketahui, kukang adalah satwa liar dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya. (JNS)

Related posts