Seratusan Pelaku Ekonomi Kreatif di Pariaman Diajak Promosikan Produk dengan Sistim Digital

  • Whatsapp
Seratusan pelaku usaha ekonomi kreatif ikuti bimbingan teknis digital marketing dan seni pertunjukan di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (9/6). (Foto: Humas)

MINANGKABAUNEWS, PARIAMAN – Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus menggalakkan penggunaan sistim digital marketing, sebagai upaya mempromosikan potensi usaha ekonomi kreatif serta objek pariwisata.

Upaya itu bahkan digelar dengan cara menggandeng langsung, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Program kegiatan tersebut, dikemas Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota pariaman, melalui kegiatan bimbingan teknis terkait digital marketing dan seni pertunjukan yang diikuti seratusan pelaku ekonomi di Aula Balaikota Pariaman, Rabu (9/6) kemarin.

Read More

Hadir dalam sebagai pemateri, Direktur Pengembangan SDM Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Erwita Dianti. Dalam pemaparannya, Erwita menyebut, jika Digital Marketing sangat penting dalam pengembangan usaha ekonomi, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dimana, masyarakat dibatasi melakukan kontak fisik dengan orang lain, sehingga media sosial (Medsos) menjadi peluang utama dalam mempromosikan produk, maupun pariwisata kepada masyarakat luas.

“Memasarkan produk harus ada ilmunya, tidak hanya sekedar mengupload tetapi harus kretif dan memiliki seni dalam mengembangkan produk andalan,” ujarnya.

Bimtek tersebut, dikatakan, bertujuan agar pelaku ekonomi kreatif bisa lebih mampu memanfaatkan smartphone masing-masing dalam mempromosikan produknya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen mengatakan bahwa promosi lebih penting bagi pelaku ekonomi kreatif agar lebih menarik wisatawan. Ada sekitar 100 pelaku seni pertunjukan dilatih memanfaatkan smartphone masing-masing.

Ketika ada latihan dan seni pertunjukan, hal tersebut menjadi bahan bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produk ekonominya. “Dengan begitu, mereka sekaligus bisa menjadi pasukan media sosial baru khusus untuk seni pertunjukan di Kota Pariaman,” sebutnya.

Marhen menambahkan, seni pertunjukan di Kota Pariaman ini menarik, baik seni pertunjukan tari pasambahan, tari indang, silek dan pertunjukan seni lainnya.

“Semoga nantinya, mereka yang bisa menjadi lebih bisa dan lebih berinovasi lagi dalam menggunakan dan memanfaatkan smarphone dalam promosikan seni pertunjukan yang ada di Kota Pariaman,” imbuh Marhen.

Related posts