Serius Bangun Keterbukaan Informasi, Pemda Tanah Datar Studi Komparatif Ke KID Cirebon

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, Tanah Datar – Terkait dengan kebutuhan masyarakat akan keterbukaan sebuah informasi di Tanah Datar, Pemerintah Daerah Tanah Datar yang dipimpin langsung oleh Bupati Eka Putra, SE, MM, Selasa (9/1/2024) laksanakan studi komparatif ke Komisi Informasi Daerah (KID) Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.

 

Read More

Ikut mendampingi Bupati dalam rombongan Asisten Administrasi Umum Jasrinaldi, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Kadis Kominfo Yusrizal beserta jajarannya, Kabag Hukum Audia Safitri, Kabag Prokopim Dedi Tri Widono, Kabag Organisasi Wina Martayeni, anggota TP2D Tanah Datar dan rombongan lainnya.

 

Kehadiran Bupati Tanah Datar dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Cirebon H. Imron, di Pendopo Kediaman Bupati Cirebon di Jalan Kartini Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon. Ikut menyambut rombongan Sekda H. Hilmi Rifai, Asisten Pemerintahan M. Safrudin, Asisten Administrasi Umum Hadi Surya Ningrat, Kadis Kominfo Bambang Sudarto, Anggota KID Kabupaten Cirebon dan jajaran Pemkab Cirebon lainnya.

 

Dalam sambutannya, Bupati Cirebon H. Imron menyampaikan bahwa Kabupaten Cirebon yang terdiri dari 40 kecamatan dan 412 desa memiliki banyak keunikan karena terdapat beberapa kultur Jawa, Sunda, Cirebonan dan juga pendatang dari etnis Tionghoa.

 

“Keberagaman ini membuat kebudayaan dan kesenian serta makanan khas Cirebon menjadi beragam dan unik. Kehadiran etnis Tionghoa juga menambah keberagaman agama di sini,” jelasnya.

 

H. Imron juga menjelaskan, rata-rata penduduk Cirebon berpenghasilan sebagai petani, mulai dari padi, jagung dan juga tebu. Sementara untuk masyarakat yang berada di daerah pesisir berpenghasilan sebagai nelayan.

 

Sementara, terkait dengan keterbukaan informasi publik, H. Imron juga mengatakan Pemkab Cirebon melalui Dinas terkait bekerjasama dengan KID sudah berupaya melakukan yang terbaik untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat sehingga selama dua tahun berturut-turut kabupaten Cirebon berhasil menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

 

Menyambung apa yang telah disampaikan Bupati, Sekda Cirebon H. Hilmi Rifai menjelaskan bahwa Komisi Informasi Daerah Cirebon memiliki fungsi menjembatani berbagai masalah informasi dari pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya.

 

“Berkat keterbukaan informasi yang telah kami bangun bersama-sama, akhirnya Kabupaten Cirebon berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Komisi Informasi terbaik tingkat nasional selama 2 tahun berturut-turut. Namun demikian, kami masih terus berbenah untuk lebih baik lagi ke depannya,” tukasnya.

 

Dilain pihak, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menjelaskan bahwa kehadirannya bersama rombongan ke kabupaten Cirebon untuk melakukan studi komparatif dengan Komisi Informasi Daerah Cirebon, karena sampai hari ini KID Tanah Datar belum terbentuk.

 

“Selama ini kami melakukan pelayanan informasi kepada masyarakat melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang pusatnya ada di Dinas Kominfo, namun ke depan tentu butuh adanya sebuah KID yang akan melakukan pelayanan khusus terkait keterbukaan informasi kepada masyarakat,” terangnya.

 

Terkait hal tersebut, tambah Bupati, butuh adanya suatu contoh yang nanti bisa diterapkan di Tanah Datar dan itu KID Kabupaten Cirebon yang notabene sudah mendapatkan penghargaan ditingkat nasional.

 

“Kami serius untuk membangun KID di Tanah Datar, dan KID Kabupaten Cirebon ini sudah lebih dulu maju dari kami, makanya kami datang ke sini membawa tim lengkap. Harapan kami, dari sini kami bisa menambah banyak informasi dan wawasan sehingga nanti akan kami terapkan di Tanah Datar,” sampai Bupati Eka Putra.

 

Diakhir penyampaiannya, Bupati Eka Putra juga mengharapkan silaturahmi yang telah terjalin baik ini bisa berlanjut di kemudian hari. (Pede/pkp)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts