Setda Padang Pariaman Launching Program Dapur Sehat Atasi Stunting

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PARIAMAN – Mewakili Bupati Padang Pariaman Fakhriati, S.Sos, MM Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Melaunching Inovasi Dashat (Dapur Sehat Atasi Stunting), kegiatan Launching dilangsungkan saat pembukaan Kegiatan Penguatan Kemitraan Kampung KB, bertempat di ruang rapat Bappelitbangda di Kawasan IKK Padang Pariaman di Paritmalintang, Senin (23/05).

Launching Inovasi Dashat yang digelar diprakarsai oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dalam upaya percepatan penurunan stunting. Dashat adalah sebuah upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga beresiko stunting.

Dalam sambutannya Fakhriati menyampaikan bahwa di DPPKB melalui program Kampung KB sebelumnya sudah pernah melahirkan inovasi sergap Kakab, yang cukup memiliki peran dalam upaya pencegahan stunting di Padang Pariaman. Makanya dia berharap, melalui Dashat ini dapat memberi kontribusi yang sama, sehingga apa yang menjadi tujuan utama dalam mensejahterakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dapat terwujud.

“Dashat diharapkan dapat berkontribusi dalam pencegahan dan penurunan stunting,” katanya lagi.

Lebih lanjut Fakhriati mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim,” sembari memukul gong sebanyak tiga kali pertanda pencanangan Inovasi Dashat diresmikan sebagai kegiatan dan upaya bersama pencegahan dan penurunan stunting lintas sektor di Kabupaten Padang Pariaman.

Sebelumnya telah dibacakan secara bersama-sama Komitmen Perangkat Daerah terkait, melalui perwakilan yang hadir, Deklarasi Percepatan Penurunan Stunting sebagai program kegiatan lintas OPD.

Adapun isi Deklarasi Percepatan Penurunan Stunting sebagai berikut:
Pertama, Siap melakukan perapihan data sasaran dan keluarga beresiko stunting
Kedua, Siap melakukan pendampingan kepada keluarga beresiko stunting
Ketiga, Siap melaksanakan program Dapur Sehat Keempat, Siap menjaga sanitasi dan pemeliharaan lingkungan, dan
Kelima, Siap melaksanakan pemantauan secara terus menerus terhadap kemajuan dan perkembangan upaya percepatan penurunan stunting di desa.

Ikut hadir mendampingi dalam Launching Dashat ini Kepala Dinas Perikanan Khairul Nizam, S.Pi, MM, Sekretaris DPPKB Sri Nelis, SKM beserta Kabid Elni Sari, SKM, M. Kes. dan utusan masing-masing OPD yang hadir sebagai peserta. (*)

Related posts