Silek Harimau asal Minangkabau yang Mematikan

  • Whatsapp
silek harimau
Silek Harimau (Foto: Good News from Indonesia)

Oleh: Gehan Agusta

Arti kata pencak silat menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) Arti kata pencak silat adalah kepandaian berkelahi, seni bela diri khas Indonesia dengan ketangkasan membela diri dan menyerang untuk pertandingan atau perkelahian. Di Minangkabau juga dikenal dengan Silek Harimau. Silek Harimau Minangkabau, selain mematikan silat jenis ini juga menyimpan banyak sejarah serta keunikan yang harus di ketahui. Indonesia sendiri memang terkenal dengan beragam budayanya yang sangat unik. Tak heran apabila setiap daerah di negara ini memiliki sebuah keunikannya masing-masing. Berkunjung ke Sumatera Barat, tentunya langsung tercuat sebuah budaya yang memang sudah mendarah daging. Tak lain ialah Silek Harimau Minangkabau. Di sana lah bisa merasakan kehadiran seni bela diri ini di masyarakat Sumatera Barat. Minangkabau merupakan salah satu suku di Indonesia yang memiliki kebudayaan yang tinggi dan juga menjadi suku yang cukup diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia. Minangkabau terkenal berasal dari Padang, Sumatera Barat. Namun, ternyata suku ini berasal dari berbagai daerah di Sumatera.

Read More

Suku ini pun termasuk banyak meninggalkan banyak warisan budaya yang sangat beraneka ragam. Mulai dari makanan, rumah adat dan pakaian adat. Selain itu, suku Minangkabau juga dianggap suku yang sering mengembara dan merantau ke negeri orang. Oleh sebab itu, untuk bekal merantau mereka memiliki keahlian yaitu ilmu bela diri untuk pertahanan dari musuh. Silek merupakan bela diri yang mereka kuasai, keahlian ini pun turun menurun dan sudah menjadi suatu keharusan bagi para perantau suku Minang. Silek Minangkabau sendiri bermacam-macam, Silek Harimau merupakan salah satunya.

Memang dari sekian banyak jenis silek yang berasal dari Minangkabau, Silek Harimau merupakan aliran yang paling menonjol. Dikatakan Silek Harimau memiliki gerakan yang digunakan menyerupai harimau, selain itu kuda-kuda atau jurus awal pada silek ini menggunakan gaya seperti harimau. Ada juga mitos yang mengatakan jika pesilat menguasai aliran satu ini, maka mereka akan berubah wujud menjadi harimau. Namun belum diketahui mulai kapan dan siapa pencetus dari Silek Harimau ini sendiri. Karena silek ini diturunkan secara lisan saja namun tidak tercatat dalam sejarah. Silek Harimau ini juga memiliki karakter yang tegas dan keras layaknya harimau.

Para generasi yang mempelajari silek ini dididik terlebih dahulu untuk memantapkan hati dan pikiran mereka. Agar makna dan pengertian mengenai Silek Harimau sendiri tidak salah jalan. Karena semakin meluasnya pengajaran dari silek ini maka banyak pula penyelahgunaan dan pengajaran yang harus intens dan disiplin, oleh sebab itu berdampak pada sangat sedikitnya pesilat khas yang bisa menguasai ilmu silek harimau. Karena semakin banyak pula kenakalan penerus Silek Harimau ini yang menggunakan silat secara sembarang dan tidak memperhatikan filosofi yang ada. Silek Harimau sendiri termasuk silek garis keras yang cukup berbahaya bagi pengguna silek tersebut maupun bagi targetnya. Silek ini dilihat cukup indah, namun cukup mematikan juga karena menggunakan dua ciri khas gerakan yaitu kuncian dan tangkapan target.

Di dalam Silek Harimau sendiri juga memiliki gerakan khusus dan juga khas. Teknik yang harus dikuasai oleh para pesilatnya ialah teknik akrobatik dan juga teknik beladiri sigap. Karena gerakan silek harimau memerlukan kecekatan dan tubuh yang luwes. Karena banyak di dalam gerakan Silek Harimau sendiri yang mengharuskan sang pesilat untuk menaiki tubuh musuhnya hanya dengan berlutut atau dengan gerakan menangkap. Selain teknik tangkapan, gerakan silek harimau juga menggunakan teknik kuncian.

Gerakan in terkenal cukup menyakitkan dan membuat lawan tak berkutik dan hanya bisa merebah di bawah dengan tubuh yang tidak bisa melawan balik. Selain itu, Silek Harimau juga menggunakan cakar sebagai senjata untuk menyerang lawannya. Cakaran mengarah ke leher, muka dan bagian vital dari lawan. Teknik ini menjadi ciri khas yang tidak ada pada silek lainnya. Oleh sebab itu, alasan utama mengapa Silek Harimau dinyatakan berbahaya.

Latihan yang dilakuan oleh para pesilat harimau pun cukup berbeda dengan silek-silek lainnya. Biasanya para pesilat akan berlatih pernafasan atau menegaskan gerakan kuda-kuda stabil dan kokoh. Pada Silek Harimau, latihan yang dilakukan tidak hanya itu saja. Mereka diharuskan untuk melakukan berbagai latihan yang cukup unik. Seperti menghancurkan biji-bijian yang berguna untuk melatih ketajaman persilat melawan musuh. Kemudian menusuk biji-bijian karena mengasah cakar yang digunakan sebagai senjata untuk melawan dan meremas pasir yang berguna untuk membantu kepekaan tangan terhadap lawan dan musuh.

Latihan Silek Harimau ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk benar-benar menguasainya, karena memerlukan waktu sekitar 3-12 bulan tergantung dari jenis latihan dan seperti apa pesilat dalam menguasai jurus. Walaupun sulit, Silek Harimau termasuk kebudayaan daerah Sumatera yang harus terus dilestarikan.

Silek Harimau memiliki tokoh besar atau guru besar. Dan tentunya para guru besar tersebut umumnya mengetahui ilmu serta kebijaksanaan mereka dalam mengajarkan ilmu-ilmu Silek Harimau ini agar tidak salah haluan. Dan meraka biasanya memahami betul arti dan makna bela diri tanpa dilakukan secara cuma-cuma. Dalam Silek Harimau tokoh guru besar sering disebut “Datuak Edwel”. Datuak memiliki nama lengkap sebagai Edwel Yusri Datuak Rajo Gampo Alam yang biasa disebut pula Datuak Edwel. Beliau merupakan guru yang menjadi guru besar Silek Harimau dan asli berasal dari suku Minangkabau, Sumatera Barat. Edwel mendapatkan warisan silek harimau yang langsung turun dari kakek buyutnya, Inyiak Angguik dan dikenal sebagai pemilik ilmu telepati turun menurun dengan harimau Sumatera di hutan halamannya semasa zaman kolonial. Inyiak Angguik terkenal memelihara 8 ekor harimau yang hidup liar. Dari harimau tersebut Inyiak Angguik melatih jurus sileknya di bawah rumah panggung dan sering bercanda dengan harimau miliknya. Gerakan alami yang ia temukan itulah yang menjadi gerakan Silek Harimau.(*)

/* Penulis adalah Mahasiswa Universitas Andalas

Related posts