Simak, inilah 8 Tips Jitu Cara Jualan Online agar Laris Manis

  • Whatsapp
Ilustrasi jualan online laris manis

EKONOMI РSaat ini adalah era dari jualan online. Berkembangnya teknologi dan munculnya berbagai platform untuk berjualan seperti Blibli semakin banyak ditawarkan di internet. Anda dapat memenuhi kebutuhan dari ujung rambut hingga ujung kaki di internet. Dapat disimpulkan bahwa, Anda bisa berjualan apa saja di internet.

Namun, seperti yang kebanyakkan orang tahu, tidak semua orang tahu cara jualan online hingga meraih kesuksesan. Walau terlihat mudah, ternyata berbisnis online juga memiliki tantangan yang berbeda daripada membangun bisnis offline. Banyak online shop yang akhirnya harus gulung tikar di tengah jalan atau memilih untuk berganti-ganti bisnisnya. Maka dari itu, jika Anda adalah seorang pemula dalam bisnis online ini, kami akan membocorkan sedikit tips bagaimana meraih kesuksesan jualan online. Berikut adalah beberapa tips lengkap cara jualan online sukses bagi pemula!

Read More

Tips Meraih Kesuksesan dengan Berjualan Secara Online.

1, Menentukan Harga yang Wajar
Dalam menentukan harga untuk produk yang dijual memang tidak bisa sembarangan. Jangan sampai Anda menentukan harga yang terlalu murah atau terlalu mahal. Sangat penting bagi Anda untuk menentukan harga yang wajar untuk sebuah produk agar barang Anda terjual tepat waktu.

Strategi yang paling mudah dalam menentukan harga adalah dengan melihat harga pesaing. Jika ingin lebih cepat terjual, Anda bisa membuat harga yang lebih murah atau melakukan diskon. Namun, tentunya, Anda harus bisa tetap menjaga dan mempertimbangkan keuntungan.

Jangan ragu juga untuk menetapkan harga yang sedikit tinggi dari pesaing jika Anda merasa memiliki kualitas barang yang lebih baik untuk produk yang sama.

2. Ambil Foto yang Menarik dan Berkualitas Tinggi
Saat berjualan online di manapun platform yang Anda gunakan maka keberadaan foto produk menjadi sangat penting diperhatikan. Adanya foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi, mampu menarik pembeli dan membuat mereka melihat barang secara detail.

Anda juga bisa mengatur foto dengan memasang latar depan, belakang, dan samping sehingga menjauhkan proses pemotretan jauh dari gangguan. Ambillah foto dari beberapa angle untuk memberikan tampilan visual kepada pembeli.

Gunakan cahaya yang memungkinkan agar tampilan foto terang dan menampilkan detail produk secara jelas. Gunakan juga aplikasi foto untuk memperindah foto yang Anda ambil.

3. Buat Deskripsi yang Rinci
Saat Anda memutuskan untuk berjualan di e-commerce seperti Blibli, maka keberadaan deskripsi barang jadi sangat penting dimiliki sebuah toko. Tidak hanya di e-commerce saja, deskripsi produk juga diperlukan di segala platform yang Anda gunakan. Anda bisa menjelaskan keunggulan produk yang ditawarkan, sehingga dapat menjawab berbagai pertanyaan dari para pembeli.

Jika Anda menjual pakaian, Anda bisa memberikan detail lengkap seperti berbagai ukuran yang tersedia, warna yang ada, hingga merk apa saja yang dimiliki. Jangan lupa untuk memberikan deskripsi yang akurat yang sesuai dengan kondisi barang, termasuk damage atau cacat produk jika memang ada.

4. Memakai Tag Pencarian
Saat mengunggah foto dan deskripsi produk, Anda perlu menyisipkan tag yang terkait dengan kata kunci dalam pencarian barang. Dalam e-commerce seperti Blibli, biasanya ada fitur tagging yang memudahkan pembeli dalam mencari produk dan membaginya dalam kategori barang.

Jika Anda memasangnya, maka produk Anda akan muncul dengan mudah sesuai dengan kategori barang yang dicari pembeli.

5. Menanggapi Pertanyaan Pembeli
Saat membuka usaha online, Anda harus siap menjawab semua pertanyaan dari para pembeli. Apalagi berjualan secara online termasuk perdagangan dengan arus yang cepat, sehingga Anda perlu memantau semua pesan yang masuk setiap saat. Jika Anda lambat dalam merespon, sudah pasti para pembeli akan mencari penjual lain yang membalas pesan dengan cepat.

6. Berikan Opsi Tawar-Menawar
Tak hanya saat berbelanja offline, para pembeli suka melakukan tawar-menawar jika berbelanja online. Sebagai pemula, maka ada sebuah tips yang dapat dilakukan. Anda harus bersikap fleksibel dan menerima tawaran yang sekiranya masih masuk akal, apalagi jika barang yang ditawar masih mendapatkan keuntungan yang didapat.

7. Program Gratis Ongkir
Adanya program gratis ongkir (ongkos kirim) jadi salah satu penawaran yang disukai banyak orang. Jika Anda berjualan di Instagram atau Facebook, maka Anda bisa membuat program gratis ongkir jika pembeli membeli sejumlah barang.

Namun, saat ini sudah banyak e-commerce yang membuat program utama gratis ongkir untuk memudahkan pembeli dalam melakukan transaksi. Salah satunya adalah e-commerce Blibli yang memiliki program ini, Tak hanya gratis ongkir tapi Blibli juga memberikan asuransi bagi produk yang dikirim oleh penjual.

8. Sabar dan Realistis
Dalam berjualan online, Anda harus memiliki kesabaran yang besar jika bisnis yang dijalani belum lancar. Ada banyak cara dan pertimbangan yang dapat Anda lakukan untuk memancing pembeli seperti memberi diskon atau menurunkan harga. Anda juga bisa mengevaluasi tampilan toko seperti memperbaharui foto produk agar terlihat lebih menarik dan sesuai dengan konsep toko yang diusung.

9. Pelajari Aturan di Setiap Platform
Saat mencari tempat untuk berjualan, Anda perlu mengetahui batasan dan aturan dari platform terkait. Biasanya di Instagram atau Facebook ada beberapa barang yang dilarang dijual. Begitu pula dengan e-commerce di Indonesia. Maka sebaiknya, sebelum mengunggah produk, Anda harus memeriksa aturan platform tersebut.

Biasanya produk-produk yang dilarang adalah produk yang juga dilarang dijual di Indonesia seperti alkohol, narkoba, produk kosmetik atau produk lainnya yang palsu, kosmetik yang tidak memiliki izin, persenjataan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips cara jualan online agar Anda dapat meraih kesuksesan dan toko semakin laris. Semoga artikel ini dapat membantu Anda!

Related posts