Siswa SMPN 1 Padang Rebut Perak dan Perunggu Kompetisi Sains Nasional 2021

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG — Reivan Aditya Rosandi siswa SMPN 1 Padang berhasil meraih medali perak pada bidang lomba ilmu Pengetahuan Sosial di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring, Sabtu (13/11/2021), di Jakarta.

Naufal Adrian Marsa siswa SMP N 1 Padang : Matematika berhasil meraih Medali Perunggu. Selain itu Farhan Putra Maheswara siswa SMP Ar Risalah IPS meraih perunggu.
Dan Rania Tsabitah First siswa SMPN 8 Padang Ilmu Matematika dengan prediket Harapan.

KSN ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas). “Tujuannya untuk mengembangkan prestasi peserta didik tingkat SMA di bidang sains, riset, teknologi, dan inovasi,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Padang, Habibul Fuadi, Rabu (17/11/2021).

Kompetisi ini, rincinya, diikuti 2.179 siswa. Terdiri atas 544 siswa tingkat SD/MI, 735 siswa tingkat SMP/MTs, dan 900 siswa tingkat SMA/MA. Untuk jenjang SMA/MA ada sembilan bidang yang dilombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Informatika/Komputer, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi yang masing-masing diikuti 100 peserta.

Perlombaan KSN semua jenjang dilaksanakan dengan menjawab soal, baik pilihan berganda maupun isian singkat, kemudian kegiatan mengeksplorasi dan observasi semuanya dilaksanakan melalui virtual.

Adapun tujuan diselenggarakannya KSN 2021 ini, kata Habibul Fuadi, untuk mencari talenta terbaik guna mewakili Indonesia pada Olimpiade Sains Internasional baik untuk jenjang SMP maupun SMA.

Kadisdik Kota Padang itu juga menyampaikan ucapan selamat kepada siswa Padang yang telah mengukir prestasi di tingkat nasional dalam ajang KSN 2021.

Dia berharap prestasi ini dapat menjadi motivasi bagi siswa-siswi Padang lainnya untuk dapat mengukir prestasi pada ajang lomba lainnya.

“Kami menyampaikan apresiasi dan syukur atas prestasi ini. Terima kasih kami ucapkan kepada cabang dinas pendidikan, kepala sekolah, dewan guru, dan pembimbing, orang tua dan semua pihak yang terlibat di dalamnya dalam mendidik dan membina ananda kita ini,” tutur Habibul.

Kadisdik menambahkan, dengan adanya prestasi tersebut para siswa dan guru dapat lebih bersemangat dalam belajar dan mengajar serta membangun atmosfer positif untuk terus berprestasi, meskipun masih berada dalam situasi pandemi Covid-19.

“Pada zaman digital seperti saat ini kita dituntut untuk lebih dekat dan menguasai sains dan teknologi dalam keseharian. Kita harus membangun paradigma baru di dunia pendidikan, yang berfokus pada inovasi, kreativitas, dan juga fokus kepada karya,” ujarnya.

Related posts