SMKN 1 Lubuk Sikaping Sosialisasikan Penerapan 5 Hari Sekolah dan Program Magang/ Bekerja ke Luar Negeri

  • Whatsapp

Lubuk Sikaping, SMKN 1 Lubuk Sikaping menggelar acara sosialisasi kepada orang tua siswa kelas X dan XI, Kamis, (1/2/2024).

Tema utama acara ini adalah “Parenting” dengan fokus pada penerapan 5 hari sekolah, magang/bekerja ke luar negeri, ketertiban berkendara, dan peningkatan iman serta taqwa siswa SMKN 1 Lubuk Sikaping.

Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping Muslim, M.Pd, menyampaikan beberapa informasi krusial. Pertama, telah terjadi transformasi dalam dunia pendidikan akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. SMKN 1 Lubuk Sikaping sangat responsif terhadap perubahan tersebut dengan mengikuti dan tanggap terhadap berbagai perubahan yang terjadi.

Perubahan lain yang disorot telah terjadi perubahan dalam dunia pendidikan, dulu guru adalah satu-satunya sumber belajar, hal ini tidak berlaku lagi pada saat sekarang ini. Sudah tersedia berbagai sumber belajar, kemajuan teknologi dan internet digunakan sebagai sumber belajar, adanya perpustakaan digital merupakan salah satu bentuk kemajuan dari dunia Pendidikan.

Dalam menanggapi kemajuan teknologi dan internet, orang tua harus ikut terlibat dalam memantau perkembangan anaknya. Jangan sampai internet disalahgunakan oleh siswa menjadi fokus poin ketiga. Bapak Muslim, M.Pd menegaskan perlunya pengawasan dan dukungan orang tua agar pemanfaatan internet oleh siswa tetap positif.

Kepala sekolah juga menyampaikan SMKN 1 Lubuk Sikaping serius dalam mencapai visi menciptakan perserta didik yang beriman, bertakwa dan berkarakter, dengan penerapan sholat Dzuhur dan sholat Ashar berjamaah. SMKN1 Lubuk Sikaping menyadari bahwa iman dan takwa adalah hal mutlak yang harus dimiliki oleh siswa, dengan iman dan takwa akan membentengi siswa dari perbuatan negatif.

SMKN 1 Lubuk Sikaping merupakan sekolah rujukan bagi sekolah lain di Sumbar, banyak sekolah yang melaksanakan kegiatan studi tiru ke SMKN 1 Lubuk Sikaping. SMKN 1 Lubuk Sikaping akan menerapkan fullday scholl sekolah 5 hari, perlu dukungan dari orang tua untuk pelaksanaan program pemerintah ini, salah satubha dengan menyiapkan bekal untuk makan siang anaknya di sekolah.

Selain itu, Kepala Sekolah SMKN 1 Lubuk Sikaping juga menyampaikan orang tua hendaknya tanggap terhadap kebutuhan dunia kerja, salah satunya dengan program magang ke luar negeri untuk anaknya, perlu dukungan penuh dari orang tua agar kegiatan ini bisa terlaksana. Ada kesempatan untuk magang dan bekerja di Malaysia, Jerman, Jepang, dan Belgia. Untuk bisa menangkap peluang ini tentunya butuh dukungan penuh dari orang tua siswa, seperti dukungan finansial.
Selain itu, orang tua dihimbau untuk mendukung dan mengarahkan anak-anaknya dalam menjalani Praktik Kerja Lapangan ke pusat- pusat bisnis seperti ke kota Pekanbaru dan kota Batam.

Kita harus menyadari bahwa peluang kerja di Pasaman ini tidaklah banyak, disini tidak ada pusat industri, kesempatan bekerja lebih banyak di luar Pasaman. Orang tua harus mendukung cita-cita anaknya, dengan memberikan dukungan kepada anaknya untuk PKL di luar Pasaman.

Poin berikutnya, menyadari pentingnya keselamatan berkendara, orang tua diminta memastikan kelengkapan atribut sepeda motor anak-anaknya sudah sesuai standar, termasuk penggunaan helm.

Kepala Sekolah SMKN 1 Lubuk Sikaping, Bapak Muslim, M.Pd, menutup penyampaiannya dengan menegaskan tanggung jawab moralnya terhadap kualitas lulusan sekolah SMKN 1 Lubuksikaping. Kepala sekolah berharap kualitas lulusan semakin meningkat dan keterserapan di dunia kerja semakin banyak.

Orang tua siswa kelas X dan XI memberikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap langkah-langkah progresif yang diambil oleh SMKN 1 Lubuk Sikaping dalam menghadapi tantangan pendidikan modern. (Verdi)


Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Minangkabaunews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Related posts