Study Best Practice Group, Diskominfo Bukittinggi Kunjungi Kominfo Kota Medan

MINANGKABAUNEWS.COM, MEDAN – Dalam rangka Study Best Practice Group, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bukittinggi bersama insan pers melakukan kunjungan ke Diskominfo Kota Medan.

Study Best Practice Group Trip to Medan disambut baik pihak Diskominfo Kota Medan.

Rombongan Study best practice ini, disambut hangat pihak Diskominfo Kota Medan, Kamis (1/12/2022).

Read More

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan, Arrahman Pane dalam sambutannya menyampaikan, Kota Medan terdiri dari 21 kecamatan, 151 kelurahan, 2001 lingkungan, dengan 2,4 juta penduduk. Ia menjelaskan, pihaknya menjalin kerjasama dengan 200 wartawan.

“Kerjasama yang dilaksanakan, seperti, kliping, kerjasama dengan perusahaan media lokal, dan kerjasama dengan media nasional,” ujar Arrahman Pane saat mengawali sambutannya.

Ia menerangkan, anggaran sesuai kebutuhan, karena Medan termasuk kota besar, sehingga dianggarkan sekitar Rp10 miliar.

“Tahun ini Diskominfo gelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk 40 insan pers, 14 belum kompeten, empat tidak hadir. Saat ini masih terdapat 25 wartawan yang belum UKW,” terang Arrahman Pane.

Ke depan akan dilaksanakan UKW lagi, agar seluruh wartawan yang bekerjasama dengan Diskominfo Medan merupakan wartawan yang kompeten melalui uji kompetensi, tambah Arrahman Pane.

Ketua PWI Sumatra Utara (Sumut) Farianda Putra Sinik mengungkapkan, mengurus PWI merupakan suatu kebanggaan. Baru pertama kali PWI Sumut dipimpin orang Sumatra Barat, asal Pariaman.

“Hampir seluruh pemerintah daerah di Sumut mengadakan UKW. Alhasil, PWI Sumut meraih juara II pelaksanaan UKW terbanyak di Indonesia tahun 2022 ini,” ungkap Farianda.

Pihak PWI Sumut dukung penyelesaian secara baik, terkait masalah kepengurusan PWI Sumbar.

Ia menjelaskan, setelah 30 tahun Sumut tidak menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN), tahun depan, Sumut akan gelar HPN, 6 hingga 9 Februari 2023 mendatang.

“Kami undang bapak dan ibu untuk ikut hadiri HPN. Terima kasih telah hadir di Kota Medan,” jelas Farianda.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bukittinggi Erwin Umar mengatakan, Diskominfo Bukittinggi saat ini bekerjasama dengan 61 media.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bukittinggi Erwin Umar saat menjelaskan kegiatan Study best practice group Trip to Medan di Aula Dinas Kominfo Kota Medan.

“Banyak yang bisa kita ambil dari Sumut, khususnya Kota Medan. Diantaranya sinkronisasi pemberitaan dan kerjasama media,” tuturnya.

Pihaknya sudah melaunching program satu data. Seluruh data Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ada di Diskominfo. Sehingga apapun berita, terkait Bukittinggi bisa didapatkan di Diskominfo.

Bagaimana Diskominfo Medan mampu memberikan pencerahan pada masyarakat melalui media. Meskipun banyak kritisi, namun disampaikan atau diberitakan dengan santun dan baik. Ini tidak terlepas juga dari peran PWI yang dekat dengan pemerintah daerah.

“Apa yang sudah baik di Medan, kita coba terapkan di Kota Bukittinggi,” ungkap Erwin.

Sementara itu, Ketua PWI Bukittinggi Anasrul menerangkan, Wartawan Bukittinggi lengkap, mulai dari media cetak, elektronik dan online.

“Kami pada 2021 dan 2022, pihak PWI Bukittinggi juga telah melaksanakan UKW,” terang Anasrul.

Tahun depan juga akan dilaksanakan pemilihan pengurus PWI baru, tambah Ketua PWI Bukittinggi Anasrul ini. (*)

Related posts