Subuh Mubarakah Momentum Meningkatkan Iman dan Menghidupkan Nuansa Keislaman

  • Whatsapp
Subuh Mubarakah di Masjid Raya Jihad, Ahad(26/9/2021).

MINANGKABAUNEWS.COM, PADANG PANJANG — Kegiatan Subuh Mubarakah merupakan momentum untuk meningkatkan keimanan dan memberikan contoh kehidupan keagamaan yang baik bagi masyarakat dan generasi muda kita.

“Kami atas nama Pemerintah Kota Padang Panjang sangat mengapresiasi dan senantiasa memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan Subuh Mubarakah,” ucap Wakil Wali Kota, Drs. Asrul saat memberikan sambutan pada acara Subuh Mubarakah di Masjid Raya Jihad, Ahad(26/9/2021).

Read More

Dikatakan Asrul, Pemko sedari dulu sudah berupaya untuk menggairahkan nuansa kehidupan religius di Padang Panjang terutama saat Subuh ini.

“Subuh hari merupakan titik tumpu dalam menjalankan kehidupan dan memulai aktivitas keseharian. Secara syariat juga sudah dijelaskan bahwa umat Islam itu akan menjadi penguasa di segala lini kehidupan, kalau mereka mampu mewujudkan waktu subuhnya sama dengan waktu ibadah lainnya dengan berjamaah di masjid dan mushalla yang ada,” katanya.

Kegiatan Subuh Mubarakah, katanya, lagi merupakan salah satu agenda yang selalu diupayakan terlaksana secara kontinu dalam upaya mewujudkan program strategis Kota Padang Panjang tahun 2018-2023. Di mana dalam bidang keagamaan, pihaknya mencanangkan Program Gelora Serambi Mekkah dengan bentuk kegiatan Magrib Mengaji, Subuh Mubarakah, Kampung Tahfidz dan Smart Surau.

Di samping itu kita juga mendukung terlaksananya kegiatan Wirid Remaja dan Wirid Majelis Taklim tingkat Kota Padang Panjang. Walaupun semenjak tahun kemarin volume pelaksanaannya agak menurun karena pandemi Covid-19, namun kini telah bisa terlaksana kembali sekalipun dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Kegiatan Subuh Mubarakah, lanjut Asrul, juga merupakan sebagai wujud nyata dalam upaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, sekaligus untuk menguatkan rasa persaudaraan dalam bingkai Ukhuwah Islamiyah.

“Semoga apa yang selalu kita lakukan ini menjadi kebiasaan yang baik dan menjadi faktor pemicu bagi jamaah lain. Sehingga nuansa Serambi Mekkah itu benar-benar hidup dan tetap menjadi jati diri kita semua,” harapnya.

Sementara itu, dalam ceramah agama yang disampaikan, Ustadz Drs. Abu Bakar Syarif, SH, MH menjelaskan beberapa hal kenapa kita sebagai umat Islam harus taat dan beribadah kepada Allah SWT.

Menurutnya ada delapan poin taat dan beribadah kepada Allah SWT. Di antaranya, mendapatkan kesenangan hati dan ketenangan jiwa, supaya tidak menyesal di hari akhir dan mendapatkan kebahagiaan hidup di dunia serta mendapatkan kebahagiaan yang abadi.

“Di akhirat nanti tidak ada yang namanya tolong menolong. Maka dari itu mari kita beribadah agar kelak selamat di dunia dan akhirat. Tidak ada yang akan membuat kita selamat, kecuali iman dan taqwa,” ungkapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabag Kesra, Ade Aidil, S.Pd.I, perwakilan Polres dan Kodim serta undangan dan jamaah masjid raya jihad. (Edi Fatra/ki).

Related posts