Sudah Tiga Hari Berjalan, Pemberian Vaksin Booster Moderna Khusus Nakes di RSOMH Bukittinggi

  • Whatsapp

MINANGKABAUNEWS.COM, BUKITTINGGI- Sudah tiga hari berjalan, pemberian vaksin khusus buat tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Otak, Dr. Drs.Mohammad Hatta (RSOMH), Bukittinggi yaitu sebagai Booster dosis ketiga nakes seluruh Indonesia di vaksin Moderna.

Hal tersebut disampaikan Dirut RSOMH, Dr. dr. M. Alsen Arlan, Sp.B KBD, MARS, vaksin Moderna ini sesuai peruntukkannya ditentukan oleh pusat, sebanyak 700 dosis sudah diterima RSOMH tersebut. Dengan jumlah tenaga kesehatan di tempat tersebut berjumlah sebanyak 648 orang. Kamis (5/8/2021).

Read More

“Pada hari ini, sudah memasuki hari ketiga dan di RSOMH sendiri baru sebagian nakes kita yang bisa dilakukan Vaksin,” ujar Dirut RSOMH Bukittinggi ini.

Alsen lebih lanjut mengatakan, sebagian nakes masih ada yang belum melaksanakan Vaksin pertama dan kedua. Karena untuk bisa dilakukan vaksin ketiga, seseorang harus sudah melalui Vaksin kedua. Jadi, ketika nakes nantinya sudah divaksin kedua, maka setelah 28 hari, akan segera divaksin ketiga.

Problemanya saat ini, persediaan vaksin sinovac di Bukittinggi dan khususnya di RSOMH masih nol. Semua itu menunggu drop dari Dinkes Provinsi Sumatra Barat yang menurut Informasi akan diterima sebanyak 10 ribu dosis, sedangkan sesuai data yang ada, sudah menunggu sekitar 7000 orang untuk divaksin pertama maupun yang kedua.

“Untuk nakes kita yang sudah mendapatkan Vaksin kedua, kita akan segera menyuntikkan vaksin ketiga yaitu Moderna. Kalau Vaksin sinovac pertama dan kedua untuk masyarakat umum, kita masih menunggu droppingan vaksin dari pusat,” jelasnya.

Pihaknya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) yakni dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun/hand sanitizer, menjaga jarak/menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas/bepergian kecuali untuk keperluan sangat mendesak/urgen sehingga penyebaran Covid -19 bisa dicegah.

Secara terpisah, salah seorang nakes RSOMH Bukittinggi, Eka yang sudah melakukan Vaksin ketiga menjelaskan, kalau dosis yang ketiga ini sangat kuat dibandingkan dengan sebelumnya. Dia merasakan, setelah enam jam penyuntikan Vaksin, dia merasakan seperti demam, namun dengan meminum obat penurun panas, seperti Paracetamol, kondisinya sudah baik kembali.

“Setelah di Vaksin yang kita rasakan bukanlah efek samping dari Vaksin tersebut tapi reaksi vaksin itu sendiri artinya, dosis itu sudah berjalan dan bekerja dengan baik di dalam tubuh kita dan pada hari ketiga pasca di Vaksin, kondisi kita sudah mulai membaik kembali,” ungkap nakes RSOMH Bukittinggi ini.

 

Related posts