Sulaman Khas Kota Solok Tampil di Teras Balaikota

  • Whatsapp
Ny. Zulmiyeti Zul Elfian Umar, Ketua Dekranasda Kota Solok saat memperlihatkan sulaman Khas Kota Solok

MINANGKABAUNEWS, SOLOK — Pemerintah Kota Solok melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) terus membuat kejutan dan inovasi berupa hasil kerajinan sulaman dengan corak khas Kota Solok dengan ragam karya rumahan tapi bernilai jual tinggi dan kualitas terbaik.

Sulaman Khas Kota Solok ini sudah lama berkembang di tengah masyarakat dan pembinaanya dilakukan langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyeti Zul Elfian Umar. Tapi sulaman Khas Kota Solok tetap mempertahankan kateristik wilayah Kota Solok, berupa Sawah Solok, Pulau Belibis, dan arsitektur alam Kota Solok lainya.

Read More

Ketua Dekranasda Kota Solok Ny. Zulmiyeti Zul Elfian Umar, Sabtu (8/5/2021) dihubungi MinangkabauNews.com mengungkapkan untuk menyatakan sulaman hasil karya kaum ibu Kota Solok, saat ini sedang dibenahi loby lantai dasar Balaikota Solok untuk memajang sulaman Khas Kota Solok tersebut.

“Saat ini kami sedang membenahi loby lantai dasar Balaikota Solok sebagai tempat memajang hasil karya para penyulam Kota Solok. Disini nanti akan dapat dilihat berbagai jenis dan corak sulaman Khas Kota Solok,” ungkapnya.

Dijelaskanya, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), adalah organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi serta mengembangkan produk kerajinan daerah. Kemudian usaha mengembangkan serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

“Di Gerai yang ada di lantai dasar Balaikota Solok ini nantinya akan dipajang karya seni berupa sulaman yang dihasilkan oleh pecinta seni dan UKM Kota Solok,” tuturnya.

Related posts