Sungguh Istimewa, Pilwana Agam Dikunjungi Pemkab Pringsewu

Bupati Agam, Andri Warman bersama Bupati Prinsewu Sujadi. (Foto/dok istimewa)

MINANGKABAUNEWS, AGAM — Sungguh istimewa, Pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwalna) serentak di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) di kunjungi Pemerintah Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Senin, (1/11/2021).

Pilwana yang digelar serentak tersebut dilaksanakan secafa e-Voting atau pemungutan suara berbasis elektronik.

Read More

Pemkab Pringsewu itu langsung dipimpin Bupati Pringsewu, Sujadi bermaksud hendak mempelajari bagaimana melaksanakan pesta demokrasi tingkat nagari dengan sistem elektronik.

Beberapa TPS didatangi langsung oleh Pemkab Pringsewu yang melaksanakan Pilwana hari pertama ini seperti, di Nagari Geragahan, Batukambing, dan Sitalang.

“Alhamdulillah, kita bisa langsung menyaksikan pelaksanaan Pilwana di Agam yang digelar secara e-Voting. Ini jadi pembekalan bagi kita untuk gelar pesta demokrasi pada 2022 mendatang,” ujar Sujadi.

Menurutnya, kunjungan ke lokasi Pilwana serentak di Agam merupakan pembekalan yang sempurna, karena pihaknya bisa melihat secara langsung bagaimana proses pelaksanaan e-Voting ini, serta perangkat digunakan.

“Ini akan kita terapkan di Pringsewu, karena dengan e-Voting kerja jadi efektif dan efisien. Terimakasih pada Pemkab Agam, terkhusus Bupati Agam yang telah beri kesempatan pada kita untuk mempelajari ini,” sebut Sujadi.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman magatakan, permohonan maafnya pada Bupati Pringsewu, yang tidak bisa mendampinginya dalam mengunjungi lokasi Pilwana, mengingat ada kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

“Suatu saat kita akan balas kunjungan Pemkab Pringsewu ini,” katanya.

Terkait pelaksanaan e-Voting, terangnya, Kabupaten Agam sudah tiga periode gelar Pilwana serentak dengan menggunakan sistem elektronik, yang di awali pada 2017, 2019 dan terakhir 2021.

“Kita ucapkan terimakasih pada Pemkab Pringsewu yang telah berkunjung ke Agam, untuk melihat Pilwana secara e-Voting kali ini,” ucapnya.

Related posts