Tahapan Pemilu 2024 Dilaunching, KPU Limapuluh Kota Gelar Zoom Meeting dengan Stakeholder

  • Whatsapp
Suasana Zoom Meeting yang digelar KPU Kabupaten Limapuluh Kota dalam rangka peluncuran Tahapan Pemilu 2024, Selasa (14/6). (Foto: Ist)

MINANGKABAUNEWS.COM, LIMAPULUH KOTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Limapuluh Kota menyelenggarakan kegiatan zoom meeting dalam rangka peluncuran Tahapan Pemilu 2024. Peluncuran Tahapan Pemilu itu dilaksanakan berdasarkan Surat KPU RI Nomor 443/PP.06-SD/09/2022.

Ketua KPU Kabupaten Limapuluh Kota, Masnijon, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan peluncuran tahapan Pemilu 2024 merupakan pertanda dimulainya tahapan penyelengaraan Pemilu. Hal itu dibarengi dengan diterbitkannya PKPU No 3 Tahun 2022, Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 oleh KPU RI.

Read More

“Dengan telah dilaunchingnya Tahapan Pemilu, maka KPU Limapuluh Kota dengan jajarannya dan bersama stekholder terkait siap untuk melaksanakan Tahapan Pemilu 2024,” kata Masnijon di aula kantor KPU Limapuluh Kota, Selasa (14/6) malam.

Pada acara tersebut peserta yang hadir dibagikan PKPU No 3 Tahun 2022, Tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Ia mengajak penyelenggara pemilu peserta Pemilu, Pemilih dan Pemerintah untuk bersama-sama menyukseskan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Tentu saja harapan kita bersama, khusus di Kabupaten Limapuluh Kota, bagaimana agar proses penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang bisa berjalan lancar, aman dan damai,” harap Masnijon.

Seperti diketahui dalam kegiatan zoom meeting, Pada 14 Juni 2022 kemarin, adalah hari pertama dalam tahapan pemilu tahun 2024 dan bertepatan dengan 20 bulan menjelang pemungutan suara 14 Februari 2024.

KPU RI mengawali tahapan dengan peluncuran Tahapan Pemilu 2024 yang dilaksanakan di kantor KPU Republik Indonesia dan diikuti oleh seluruh ketua dan anggota KPU Provinsi, ketua dan anggota KPU/KIP Kabupaten/Kota beserta seluruh Sekretariat KPU seluruh Indonesia.

Acara juga tampak dihadiri Bupati Limapuluh Kota yang diwakili Asisten 1, Ketua DPRD Limapuluh Kota diwakili Wakil Ketua, Bawaslu, Wakil dari Polres Limapuluh Kota, Wakil dari Polres Payakumbuh serta Wakil Ketua Pengadilan Agama Limapuluh Kota.

Kemudian juga tampak di lokasi Wakil Ketua Pengadilan Negri Tanjung Pati, Kemenag, Wakil Kodim 0306/50 Kota dan unsur pengurus Parpol se-Kabupaten Limapuluh Kota.

Launching tahapan pemilu dilakukan dengan nonton bersama melalui zoom meeting. Kegiatan itu dimulai dengan sambutan Mendagri, Ketua DPR RI, DPD dan Ketua KPU RI.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam sambutannya menyampaikan acara ini merupakan hasil kerja bersama setelah beberapa rapat konsinyering yang dilaksanakan dan dengan dikeluarkannya peraturan oleh KPU Republik Indonesia menandai resminya tahapan Pemilu Serentak 2024 telah dimulai.

“Mewakili Bapak Presiden dan Pemerintah, bahwa dalam beberapa kali rapat kabinet internal maupun saat menerima kunjungan komisioner KPU 30 Mei 2022, secara tegas Bapak Presiden mendukung penuh pelaksanaan tahapan pemilu dan pilkada yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Ketua KPU RI, Hasyim Asyari mengatakan pentingnya menerapkan azas pemilu di Indonesia yakni asas ‘LUBER’ yang merupakan singkatan dari ‘Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia’.

Tahapan dan jadwal penyelenggaraan pemilu tahun 2024 telah dimulai terhitung 14 Juni 2022 yang juga telah dilauncing oleh KPU RI malam sebelumnya. Dalam hal ini Pemerintah/Presiden mendukung penuh Tahapan Pemilu 2024. (akg)

Related posts