Tajir Melintir, Newcastle Disarankan Segera Bajak Mourinho

Jose Mourinho
Pelatih AS Roma, Jose Mourinho (Foto: Dok. Istimewa)

MINANGKABAUNEWS, BOLA — Newcastle United terus dikabarkan tengah mencari pelatih anyar sebagai pengganti Steve Bruce. Pergantian personel di kursi pelatih tim utama dianggap sebagai salah satu langkah awal dalam dimulainya era baru The Magpies di bawah pemilik anyar, Public Investment Fund (PIF).

Lembaga investasi asal Arab Saudi itu telah resmi terdaftar sebagai pemilik baru Newcastle United. PIF mengambil alih kepemilikan The Magpies dengan nilai pembelian dikabarkan mencapai 325 juta poundsterling dari Mike Ashley.

Read More

Dengan ditopang gelontoran dana dari PIF, Newcastle United pun bersiap memasuki era baru. Salah satu langkah awal yang akan dilakukan Dewan Direksi The Magpies, di bawah pemilik baru, adalah dengan mengganti pelatih.

Sejumlah nama pun digadang-gadang telah masuk dalam radar The Magpies, seperti Antonio Conte, Brendan Rodgers, Frank Lampard, hingga Graham Potter.

Namun, eks gelandang Manchester City, Danny Mills, memiliki saran nama pelatih lain yang dianggap cocok dengan kondisi yang dialami Newcatle United saat ini.

“Jika Anda berbicara soal adanya sokongan dana untuk membangun tim yang kompetitif, maka saya akan memilih Jose Mourinho,” tutur Mills seperti dikutip Talk Sports, Sabtu (16/10).

Mourinho, tutur Mills, memiliki kemampuan lebih baik dibanding pelatih lain dalam memberikan dampak positif terhadap performa tim dalam waktu yang relatif cepat.

Terlebih, apabila eks pelatih Real Madrid itu diberikan kebebasan dan sokongan dana melimpat untuk bisa membangun tim.

“Jika Anda memberikan Jose cukup uang dan membiarkan dia melakukan apa yang dia inginkan, maka dia bisa mengantarkan Anda meraih kesuksesan lebih dari pelatih manapun.”

“Apabila mereka menginginkan pelatih yang bisa membawa tim itu dari target sekedar bertahan di Liga Primer Inggris ke finish di empat besar, maka tidak ada pelatih yang lebih baik dibanding Mourinho,” kata eks gelandang timnas Inggris itu.

Tidak berhenti sampai disitu, mantan pelatih Inter Milan itu juga dinilai bisa dengan cepat membangun tim yang solid. Namun, Mills menegaskan, Mourinho mungkin tidak akan membawa The Magpies menampilan permainan impresif, dari segi taktik ataupun strategi di atas lapangan, tapi pelatih asal Portugal itu bisa memberikan kemenangan.

Mourinho bukanlah pelatih yang asing dengan persaingan di Liga Primer Inggris. Eks pelatih Inter Milan itu tercatat pernah menukangi tiga tim besar Liga Priemer Inggris, mulai dari Chelsea, Tottenham Hotspur, dan Manchester United.

Kendati begitu, memboyong Mourinho ke Stadion Saint James Park tidak akan mudah. Pasalnya, Mourinho baru saja ditunjuk menukangi AS Roma pada awal musim ini.

Pelatih yang menjuluki dirinya The Special One itu pun diikat dengan durasi kontrak selama tiga tahun oleh manajemen I Giallorossi. Apabila berminat mendatangkan Mourinho, Newcastle United tentu harus mengeluarkan dana ekstra sebagai kompensasi pemutusan kontrak dengan Roma. (Rep)

Related posts