Takhayul Minangkabau: Suara Lolongan Anjing di Tengah Malam

anjing
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)

Oleh: Fajar Rizal Maulana

Siapa sih yang tidak pernah mendengar lolongan anjing di malam hari. Hampir semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah mendengarkannya. Lalu apa sih yang ada di pikiran kalian ketika kalian sendirian di malam hari lalu tiba-tiba terdengar lolongan suara anjing yang begitu mengerikan sehingga membuat bulu kuduk kalian berdiri?, pasti ada rasa takut tersendiri kan?, di tambah banyak omongan yang beredar mengenai suara lolongan anjing itu penanda ada setan yang sedang bersama kita. Nah kali ini dalam artikel ini akan membahas takhayul mengenai suara lolongan anjing di malam hari menurut masyarakat Minangkabau khususnya masyarakat nagari Parak Laweh.

Read More

Di Parak Laweh tepatnya di Komplek jala utama juga terdapat sebuah takhayul yang dimana takhayul ini biasanya sudah banyak diketahui oleh orang lain di seluruh wilayah nusantara Indonesia ini. Tidak jauh berbeda dengan wilayah lainnya sama seperti lainnya bahwa ada sebuah takhayul yang dipercaya yang kebanyakan oleh masyarakat tentang suara anjing penanda adanya makhluk halus.

Takhayul yang berbunyi Lolongan Anjing di Tangah malam Panando Ado setan Yang artinya lolongan anjing di tengah malam penanda adanya setan. Takhayul ini sangat banyak diketahui oleh semua masyarakat yang ada di nusantara. Lantas bagaimana sih pandangan masyarakat pada saat ini?, dimana zaman semakin berkembang dan takhayul-takhayul sudah mulai di abaikan. Mengenai hal itu penulis telah melakukan analisis langsung kepada masyarakat Nagari parak laweh. Setelah melakukan wawancara dengan warga pribumi setempat yaitu bapak Zalnudin sebagai ketua atau orang yang dituakan di kampung Parak Laweh ini, beliau mengatakan bahwa itu hanyalah sebuah takhayul yang tidak dapat dipercaya benar atau tidaknya akan hal tersebut. Beliau juga mengatakan kita tidak tahu apakah benar jika anjing bisa melihat makhluk halus karena kita tidak memiliki indra yang sangat tajam sama seperti anjing tersebut, percaya atau tidaknya ini tergantung dari pribadi masing-masing masyarakat yang meyakininya. Bapak zalnudin juga menambahkan beberapa lanjutan dari takhayul yang di tanyakan ini, bapak zalnudin juga mengatan lanjutan takhayul ini tidak banyak orang yang mengetahuinya, yaitu kalau suaro lolongan anjiangnyo kareh barati setan nyo dakek, jikok lolongannyo lambek panando setan nan nampak jauah. Artinya jika suara lolongan anjingnya keras berarti setan atau makhluk halus yang dilihat dekat, jika lolongannya terdengar lambat atau lunak itu berarti makhluk halus yang dilihat berada jauh.

Lalu bagaimana kedudukan takhayul tersebut pada masa sekarang?. Seiring dengan berjalannya waktu terutama pada zaman yang sudah sangat maju ini, sudah seharusnya takhayul tersebut dipatahkan dengan penjelasan logika namun masih banyak sebagian orang masih bertahan pada takhayul tersebut. Terutama orang-orang yang kehidupannya dipenuhi oleh kepercayaan terhadap bahasa lisan. Hal tersebut dikarenakan keyakinan tersebut dikembangkan oleh mereka dan merasa terikat oleh takhayul tersebut. Misalnya, Anda diberikan sebuah batu cincin yang dapat membawa ‘keberuntungan & Rezeki yang berlimpah’. Lalu, Anda pun memakainya pada saat tertentu dan berhasil memperoleh keberuntungan dan rezeki yang baik sejak memakai batu cincin tersebut. Nah, dari sinilah Anda mulai mempercaya dan mengembangkan keyakinan sendiri terhadap batu cincin, disinilah contoh takhayul dimulai dan dikembangkan.

Lantas bagaimana hasil bantahan suara lolongan anjing di Malam hari tersebut?. Di kutib dari beberapa sumber mengatakan suara lolongan anjing di tengah malam itu menandakan bahwa:

  • Komunikasi Vokal : Serigala melolong untuk mengirim pesan ke anggota keluarga yang terpisah, memberi tahu tentang keberadaan dan lokasi mereka saat ini. Metode ini membantu serigala menemukan satu sama lain. Anjing mewarisi perilaku ini dari nenek moyangnya.
  • Kehadiran Anjing Asing : Perilaku teritorial adalah karakteristik lain yang diwarisi anjing dari serigala. Seperti serigala, anjing hidup berkelompok dan mempertahankan perbatasannya. Ketika mereka mengamati atau mencurigai seekor anjing dari kawanan lain yang melanggar batas, maka memicu lolongan untuk memperingatkan anjing itu dan memberitahu anggota kelompok anjing sendiri.
  • Merasa Gelisah akan Perpisahan : Secara alami anjing adalah hewan kawanan, dan mereka akan cemas akan perpisahan. Ketika mereka merasa terpisah dari kelompok, atau ketika ada anggota dari kelompok mereka yang hilang, maka akan memicu lolongan seolah-olah mengatakan, “Saya di sini, kamu di mana?”.
  • Distress Isolasi : Jika anjing peliharaan dibiarkan sendiri dalam waktu lama, ia mungkin merasa terisolasi dan bisa melakukan kebiasaan yang tidak biasa. Kecemasan akan isolasi adalah masalah umum bagi semua anjing, dan anjing mulai melolong dan berperilaku tidak terduga jika dibiarkan sendiri.
  • Mengalami Masalah Medis : Anjing liar akan melolong ketika mengalami cedera yang tidak disengaja. Terkadang anjing peliharaan kamu akan melolong karena sakit, atau ada sesuatu yang tidak beres secara fisik dan dia mengalami sakit di bagian dalam tubuh.

Jadi apakah suara lolongan anjing di malam hari menandakan adanya eksistensi kehadiran makhluk halus?. Hal ini belum dapat di buktikan secara ilmiah belum ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa hantu itu ada. Namun secara wawasan masyarakat meyakini bahwa takhayul tersebut benar adanya. Ada kumpulan bukti yang dikumpulkan oleh pecinta anjing untuk membuktikan kasus bahwa kemampuan super anjing itu nyata.

Hal ini kembali lagi kepada pribadi masing-masing, apakah mempercayai takhayul tersebut dan terus mempertahankan nilai bahasa lisan yang terkandung atau bahkan melupakan dan mengabaikan takhayul tersebut tanpa mempertahan nilai bahasa lisan yang terkandung.

/* Penulis adalah Mahasiswa Sastra Daerah Minangkabau, Universitas Andalas.

Related posts